Disambut KBRI Abu Dhabi, 15 Imam asal Indonesia Siap Bertugas di UEA

Riezky Maulana ยท Senin, 01 November 2021 - 17:48:00 WIB
Disambut KBRI Abu Dhabi, 15 Imam asal Indonesia Siap Bertugas di UEA
KBRI di Abu Dhabi menyambut 15 imam asal Indonesia yang akan bertugas di sejumlah masjid di Uni Emirat Arab (UEA) pada Minggu (31/10/2021). (Foto: KBRI Abu Dhabi)

JAKARTA, iNews.id - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Abu Dhabi menyambut 15 imam asal Indonesia yang akan bertugas di sejumlah masjid di Uni Emirat Arab (UEA) pada Minggu (31/10/2021). Mereka merupakan rombongan pertama dari 28 imam yang lolos seleksi oleh Otoritas Umum Urusan Islam dan Wakaf (Awqaf) UEA pada Maret 2021 lalu di Jakarta.

Delapan imam lainnya akan berangkat menyusul di pertengahan November 2021. Sementara sisanya tidak jadi berangkat karena tidak lolos medical check up (3 orang), mengundurkan diri (1 orang), dan meninggal dunia (1 orang). Mereka akan bertugas di sejumlah masjid di UEA seperti Al Ain, Dhafra, Fujairah, dan Ras Al Khaimah.

“Alhamdulillah, kami senang program pengiriman Imam asal Indonesia terus berlanjut. Kerja sama pengiriman imam merupakan bukti lain dari kedekatan kedua negara, yang tidak hanya terfokus pada kerja sama ekonomi,“ ucap Dubes RI untuk UEA, Husin Bagis dikutip Senin (1/11/2021). 

Dubes Husin Bagis berharap melalui program kerja sama pengiriman imam ini terjadi proses saling belajar dan berbagi pengalaman antara kedua negara dalam mempromosikan pemahaman keislaman yang moderat.

“Para Imam asal Indonesia dapat belajar bagaimana Islam dijalankan di UEA dengan penuh toleransi dan berkontribusi pada penciptaan perdamaian di masyarakat, tanpa menimbulkan gesekan-gesekan. Saat nanti kembali ke Indonesia, mereka bisa menerapkan dan mempromosikan hal yang sama,“ tuturnya.

KBRI Abu Dhabi menggandeng Kementerian Agama akan terus berkoordinasi dengan Awqaf UEA untuk menyelenggarakan seleksi berikutnya. Awal Oktober 2021 lalu, Awqaf UEA telah melaksanakan seleksi calon imam di Jakarta. 

Dari 89 kandidat, telah terpilih 23 imam yang saat ini masih dalam proses penerbitan persetujuan dari otoritas terkait di UEA dan diharapkan dapat segera diberangkatkan pada bulan Desember 2021.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda