Dokter Reisa: Covid-19 Cepat Menyebar karena Kita Tidak Kompak

Felldy Utama ยท Senin, 20 Juli 2020 - 17:01:00 WIB
Dokter Reisa: Covid-19 Cepat Menyebar karena Kita Tidak Kompak
Tim Komunikasi Gugus Tugas, dokter Reisa Broto Asmoro. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyebut covid-19 menyebar sangat cepat di dunia. Tercatat 200 negara terpapar virus ini sejak ditemukan pertama kali enam bulan lalu.

Tim Komunikasi Gugus Tugas, dokter Reisa Broto Asmoro mengatakan kunci mencegah penyebaran covid-19 yaitu gotong royong antara elemen bangsa. Dia menyebut covid-19 cepat menyebar karena ketidakkompakan.

"Virus ini menyebar secara cepat karena kita tidak kompak seperti kata WHO," kata Reisa dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Senin (20/7/2020).

Reisa mengingatkan pesan Presiden Joko Widodo yang meminta masyarakat dan pemerintah bersatu mencegah covid-19. Dia mencontohkan beberapa daerah yang sukses mencegah covid-19 dengan mengandalkan gotong royong.

"Aceh bisa, Bintan bisa, Maluku, Papua, dan Yogyakarta juga. Sebagian masyarakat kita bisa kooperatif dan mendukung pemerintah menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Sekali lagi, Reisa meminta masyarakat ikut berpartisipasi mencegah covid-19 dengan melaksanakan protokol kesehatan. Karena mempercepat penanganan covid-19 berarti segera memulihkan perekonomian bangsa Indonesia.

"Karena covid-19 terbukti melumpuhkan ekonomi negara seperti Singapura," ujar Reisa.

Pemerintah hari ini mengumumkan penambahan kasus positif sebanyak 1.693 pasien. Kasus positif covid-19 di Indonesia kini mencapai 88.214 orang.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel: