Doni Monardo: Disiplin Protokol Kesehatan Harga Mati

Felldy Utama ยท Minggu, 27 September 2020 - 12:51 WIB
Doni Monardo: Disiplin Protokol Kesehatan Harga Mati

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni MOnardo saat rapat koordinasi dengan Pemprov Sumut di Medan, Jumat (25/9/2020). (Foto: BNPB)

JAKARTA, iNews.id - Satgas Penanganan Covid-19 menyebut covid-19 menular lewat perantara manusia. Oleh sebab itu, Ketua Satgas, Letjen TNI Doni Monardo meminta masyarakat disiplin melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19.

Doni menegaskan upaya pencegahan covid-19 dengan disiplin protokol kesehatan perlu dilakukan bersama oleh seluruh elemen masyarakat. Namun dia melihat masih banyak masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan.

"Covid-19 berbahaya, tapi manusia sebagai pembawa covid-19 jauh lebih berbahaya. Ini yang harus kita sadari sehingga disiplin protokol kesehatan setiap detik merupakan harga mati. Sedikit saja lengah, sedikit abai dengan protokol kesehatan maka kita akan mudah terpapar," kata Doni dalam rapat doordininasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara di Medan, Jumat (25/9/2020).

Pria yang juga menjabat kepala BNPB itu mengatakan Presiden Joko Widodo terus mengingatkan masyarakat melalui berbagai platform agar disiplin melaksanakan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak menghindari kerumunan, dan mencuci tangan. Dia menegaskan semua masyarakat perlu disiplin melaksanakan protokol kesehatan karena hampir semua wilayah Indonesia telah terpapar virus ini.

Doni juga memaparkan hasil beberapa survei termasuk dari Balitbankes Kementerian Kesehatan pada bulan Juli 2020 menyebut banyak sekali masyarakat yang menganggap mereka tidak akan terkena covid-19 dan menganggapnya tidak ada. Padahal secara global, korban meninggal covid-19 telah mencapai satu juta jiwa dan hampir setara dengan korban Perang Dunia I.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua