Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Menko Airlangga Ajak Generasi Muda Jadi Entrepreneur Kompetitif 

Felldy Utama · Rabu, 15 September 2021 - 11:42:00 WIB
Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Menko Airlangga Ajak Generasi Muda Jadi Entrepreneur Kompetitif 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan peran penting generasi muda dalam pembangunan negara saat penyambutan mahasiswa UMJ, Rabu (15/9/2021) (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan peran penting generasi muda dalam pembangunan negara. Airlangga mengajak pemuda untuk berperan dalam bidang ekonomi dengan terjun sebagai pengusaha yang kompetitif dan berkarakter.

Airlangga menyampaikan pernyataan itu saat Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Muhammadiyah Jakarta, Rabu (15/9/2021). Dia menyebut ekonomi Indonesia berhasil tumbuh 7 persen meski dilanda pandemi Covid-19 pada 2020.

"Pada sisi supply, seluruh sektor tumbuh positif dan menunjukkan perbaikan kinerja akibat membaiknya permintaan domestik dan negara mitra dagang," kata Airlangga, Rabu.

Airlangga menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia ini lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa negara peer yang telah merilis angka pertumbuhannya seperti Vietnam sebesar 6,6 persen, Korea Selatan sebesar 5,9 persen, dan Arab Saudi sebesar 1,5 persen.

Saat ini aktivitas dan nilai belanja masyarakat meningkat. Pulihnya permintaan dan meningkatnya harga komoditas global telah membuat neraca perdagangan mengalami surplus selama beberapa bulan berturut-turut dan cadangan devisa relatif tinggi sebesar USD 144,8 miliar.

Airlangga mengatakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) perlu terus ditingkatkan selama pandemi. Salah satunya dengan mendorong aktivitas kewirausahaan.

"Peningkatan kualitas SDM dapat dilakukan untuk mendorong aktivitas kewirausahaan. Saat ini, rasio kewirausahaan kita masih rendah, yakni sebesar 3,47 persen dari total populasi. Selain itu, wirausahawan Indonesia juga didominasi oleh pelaku usaha di usia 25-34 tahun," katanya.

Menko Airlangga Hartarto hadir memberi sambutan mahasiswa baru di UMJ, Rabu (15/9/2021) (Foto: Istimewa)
Menko Airlangga Hartarto hadir memberi sambutan mahasiswa baru di UMJ, Rabu (15/9/2021) (Foto: Istimewa)

Generasi muda yang berkualitas tinggi dinilai memiliki peran penting sebagai Game Changer sehingga dapat mendorong aktivitas kewirausahaan dan mempercepat penciptaan lapangan kerja. 

Salah satu strategi untuk kewiraushaan pemuda yakni cepatnya perkembangan digital di Indonesia. Airlangga memperkirakan Indonesia membutuhkan talenta digital yang sangat banyak pada tahun-tahun yang akan datang.

"Dalam waktu 15 tahun ke depan, Indonesia diperkirakan membutuhkan talenta digital sebanyak 9 juta orang atau 600.000 orang per tahun. Pengembangan keterampilan digital diperkirakan akan memberikan kontribusi senilai Rp4.434 Triliun kepada PDB Indonesia di tahun 2030. Pemanfaatan talenta digital ini juga akan berperan sebagai akselerator bagi wirausaha," katanya.

Pemerintah, menurut Airlangga, memberikan dukungan pengembangan talenta digital melalui Gerakan Nasional Literasi Digital, Digital Talent Scholarship, dan Digital Leadership Academy. Ketiga program ini akan membantu pengembangan keterampilan digital dari level basic hingga advance. 

"Selain itu, pemerintah juga terus mendorong digitalisasi UMKM sehingga dapat meningkatkan produktivitas UMKM," ujarnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq