DP 0 Persen Bagi PNS, TNI dan Polri, Sandi: Risiko Penantang Petahana

Felldy Utama ยท Kamis, 08 November 2018 - 23:46 WIB
DP 0 Persen Bagi PNS, TNI dan Polri, Sandi: Risiko Penantang Petahana

Sandiaaga Uno mengaku sudah menjadi risiko menantang petahana jika salah satu programnya ikut dijalankan.

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah telah mematangkan skema pembiayaan rumah yang layak dengan down payment atau DP 0 persen bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan juga Polri. Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno menyambut positif langkah pemerintah.

Sandi mengaku senang kepada pemerintah karena telah merespons apa yang selama ini digelorakan Prabowo-Sandi. Yakni, masyarakat terutama masyarakat urban mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses terhadap kepemilikan perumahan yang terjangkau, salah satunya karena skema pembiayaan.

"Itu sudah kami bicarakan dan awalnya di-bully habis-habisan, dicoba dihadang oleh banyak pengamat. Akhirnya sekarang bukan hanya BI yang sudah meng-endorse, sekarang pemerintah juga sudah meluncurkan," katanya, di Radio Dalam, Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Sandiaga Uno selaku mantan wakil gubernur DKI Jakarta yang pada saat itu bersama Anies Baswedan sebagai penggagas dari skema pembiayaan rumah terjangkau ini mengaku sangat gembira atas apa yang dilakukan pemerintah. Bahkan, Sandi mengaku apa yang telah diterapkan saat menjabat di Jakarta saat itu akan dibawa kembali di level nasional.

"Ini juga yang akan kami coba sampaikan di platform pas kami menguji materi visi misi kami. Salah satunya adalah perumahan yang tentunya terjangkau kepada masyarakat terutama masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)," ujarnya.

Menurut dia, kepemilikan aset itu dinilai sangat penting untuk meletakkan masyarakat yang berada di kelas menengah ke bawah dalam eskalator menuju kesejahteraan. Apalagi, nilai aset itu selalu naik per tahunnya.

"Tapi kalau mereka selalu menyewa-nyewa, kontrak, mereka tidak bisa menikmati naiknya harga aset," usapnya.

Mengenai kekhawatiran netralitas ASN akan terganggu karena program tersebut, Sandi mengaku itu risiko politik dari sang penantang petahana. Kendati demikian, dia percaya ASN akan bisa menjaga netralitas ASN pada Pilpres 2019 mendatang. Terlebih, sudah ada undang-undang yang mengatur terkait netralitas ASN.

"Ya, ini risiko saya dan pak Prabowo sebagai penantang, ya jangan cengeng, jangan mengeluh, jangan bilang nanti enggak netral. Ya sudah menjadi kenyataan bahwa itu bisa dilakukan oleh pemerintah sebagai seorang incumbent. Tapi saya husnuzan, saya percaya bahwa ASN akan tentunya netral," kata Sandiaga Uno menegaskan.


Editor : Djibril Muhammad