DPR dan Pemerintah Sepakat Batas Usia Menikah Jadi 19 Tahun

Abdul Rochim ยท Jumat, 13 September 2019 - 21:05 WIB
DPR dan Pemerintah Sepakat Batas Usia Menikah Jadi 19 Tahun

Diskusi soal Revisi UU Perkawinan di Media Center Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019). (Foto: iNews.id/Abdul Rochim).

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah dan DPR sepakat usia minimal pernikahan yakni 19 tahun. Badan Legislasi (Baleg) DPR memastikan bahwa revisi Undang-Undang (RUU) Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan segera dibawa ke rapat paripurna untuk disahkan menjadi UU sebelum masa bakti DPR periode 2014- 2019 berakhir pada 30 September 2019.

Anggota Baleg DPR Andi Yuliani Paris mengatakan, RUU tersebut akan diparipurnakan pada 17 September 2019. Menurut politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini, usia minimal untuk perempuan menikah kini ditetapkan menjadi 19 tahun, dari sebelumnya 16 tahun. Sementara untuk laki-laki tetap 19 tahun tidak ada perubahan.

Andi mengatakan, dengan disahkan RUU itu juga dapat menghilangkan diskriminasi, akses anak untuk melanjutkan pendidikan, kesehatan reproduksi perempuan, dan informasi pekerjaan bagi masa depan generasi muda mendatang.

Untuk itu, Andi meminta pemerintah baik Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, Kementerian Hukum dan HAM, maupun Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak menyosialisasikan tentang batas usia perkawinan tersebut sebagai upaya mencegah perkawinan anak usia dini.

”Menag lakukan sosialisasi ke Kantor Urusan Agama (KUA) di daerah-daerah. Dan untuk Menkes segera memberi penyuluhan kepada generasi muda kita, sehingga alat reproduksi mereka bisa tumbuh kembang dengan baik,” kata Andi dalam diskusi soal Revisi UU Perkawinan di Media Center Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Anggota Komisi II DPR Sudiro Asno menambahkan, saat ini mayoritas fraksi sudah menyepakati bahwa usia perkawinan minimal 19 tahun. Tinggal Fraksi PPP dan PKS yang masih menginginkan batas minimal 18 tahun untuk perempuan.

”Mayoritas fraksi sudah menyepakati 19 tahun maka keputusannya 19 tahun. Itu akan kami proses lebih lanjut untuk diagendakan dalam rapat paripurna. Langsung pengesahan pada 17 September nanti,” katanya.


Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua