DPR: Terawan Terkejut Ditanya soal Pembangunan RS Khusus Virus

Riezky Maulana ยท Rabu, 04 Maret 2020 - 19:10 WIB
DPR: Terawan Terkejut Ditanya soal Pembangunan RS Khusus Virus

Anggota DPR Komisi IX dari Fraksi Partai Amanat NAsional (PAN) Saleh Partaonan Daulay. (Foto: iNews.id/Riezky Maulana)

JAKARTA, iNews.id - Komisi IX DPR mencecar Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto soal rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun rumah sakit khusus penanganan virus. Saat ditanya hal itu, Terawan malah terkejut.

Anggota DPR Komisi IX Saleh Partaonan Daulay mengatakan, Terawan justru baru mengetahui informasi tersebut dari DPR. Terawan, menurut dia, hanya mengetahui akan dibangun tempat observasi yang ada di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu.

"Kelihatannya Menkes juga terkejut, baru dapat informasi itu. Dia mengatakan, ini bukan pembangunan rumah sakit, tetapi tempat observasi semacam yang ada di Pulau Sebaru," ujarnya saat berkunjung ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jakarta Selatan, Rabu (4/3/2020).

Saleh mengatakan, mengutip pernyataan Terawan, pulau tersebut juga akan digunakan sebagai tempat penelitian dalam mengidentifikasi berbagai macam virus, yang sekiranya mengancam Indonesia ke depan.

"Kata dia ini dipersiapkan dalam rangka untuk melakukan penelitian warga negara Indonesia yang menemukan persoalan kesehatan seperti ini (Covid-19)," kata politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Kunjungan Komisi IX ke Kemenkes, kata Saleh, sebagai bentuk komitmen DPR terhadap penanganan kasus virus korona. Selain itu, Kemenkes juga menceritakan kondisi terakhir dua korban positif virus korona yang semakin membaik.

"Mereka mengatakan dengan sungguh-sungguh akan memberikan perawatan kepada pasien yang sedang dirawat. Untuk sementara, katanya, kondisinya sudah mulai membaik dan mungkin sedang dilakukan isolasi, pengobatan, supaya bisa sembuh, ditingkatkan imunitasnya untuk kemudian dikembalikan ke keluarganya," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi telah menyampaikan rencana pembangunan rumah sakit khusus penanganan infeksi virus. Jokowi menyampaikan rencana tersebut dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 3 Maret 2020.

Mantan Gubernur Jakarta ini mengatakan pemerintah tinggal melakukan renovasi fasilitas rumah sakit yang sudah ada di sana, yang sudah lama tak difungsikan.

"Fasilitasnya sudah ada lama tapi tidak digunakan sehingga nanti kita renovasi dalam waktu cepat. Sehingga kita punya pilihan lain, tidak hanya Pulau Sebaru Kecil dan Natuna," kata Jokowi.

Editor : Djibril Muhammad