Dukung Dana Kampanye Jokowi-Ma'ruf, Seniman Lukis Lelang 73 Karyanya

Antara ยท Senin, 11 Februari 2019 - 19:43 WIB
Dukung Dana Kampanye Jokowi-Ma'ruf, Seniman Lukis Lelang 73 Karyanya

Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan Senima Kartika Affandi. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Seniman pelukis dan perupa memberikan dukungan kepada pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Kiai Ma'ruf Amin. Dukungan tersebut diwujudkan dengan pameran lukisan dan seni rupa serta melelang hasil karyanya untuk membantu penggalangan dana kampanye.

“Hasil lelang lukisan dan karya seni rupa itu untuk disumbangkan ke rekening dana kampanye capres-cawapres 01,” kata Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto, di lokasi Pameran Karya Seni Lintas Generasi, di Central Park, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Menurut dia, sikap dukungan dari para seniman itu menunjukkan bentuk keadaban sebagai bangsa, karena capaian kebudayaan sebuah bangsa sangat menentukan kemajuan bangsa itu sendiri. "Para seniman memberikan bantuan dengan caranya sendiri, yakni melelang lukisan karya-karya mereka. Melalui tindakan inilah, nilai-nilai kemanusiaan itu diekspresikan,” ujar dia.

BACA JUGA: Panglima TNI dan Menteri Susi Sepakat Perkuat Keamanan Sektor Maritim

Hasto menuturkan, dukungan yang digalang para seniman sudah dilakukan sejak 2014. Saat itu, diselenggarakan pameran lukisan di Museum Affandi Yogyakarta, dengan tema 2014 Kami Melukis sebagai Bentuk Dukungan.

Kemudian, menjelang Pemilu Presiden 2019, para seniman kembali berkumpul menyelenggarakan pameran lukisan dan melelangnya, untuk disumbangkan kepada pasangan capres-cawapres 01.

"Dukungan para seniman ini menjadi sangat penting dan strategis, karena menjadi titik temu dan keseimbangan dari politik, kekuasaan, dengan ilmu pengetahuan dan kebudayaan, sehingga membentuk kolaborasi yang positif,” ujar dia.

Dalam pameran tersebut turut dihadiri capres nomor urut 01 Joko Widodo. Sejumlah seniman yang hadir antara lain, Kartika Affandi, Heri Kris, dan Yoyo Surya. Pameran lukisan Lintas Generasi ini menampilkan sebanyak 73 karya seni dan akan dilelang mulai hari ini.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto