Dukung Panglima TNI, Bamsoet : Masalah Papua Tak Boleh Mengutamakan Pendekatan Senjata

Antara ยท Selasa, 30 November 2021 - 05:40:00 WIB
Dukung Panglima TNI, Bamsoet : Masalah Papua Tak Boleh Mengutamakan Pendekatan Senjata
Ketua MPR Bambang Soesatyo menerima kunjungan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di kediaman pribadi, Minggu (28/11/2021). (Foto: Antara/Humas MPR RI)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mendukung langkah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk menangani konflik Papua dengan pendekatan tegas dan humanis. Menurutnya penyelesaian Papua tidak harus dengan senjata.

"Pendekatan penyelesaian masalah di Papua tidak boleh hanya mengutamakan pendekatan senjata. Melainkan juga harus melalui pendekatan kesejahteraan yang komprehensif dan strategis," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (29/11/2021).

Menurut pria yang akrab disapa Bamsoet ini, pendekatan itu sesuai Inpres 9 tahun 2020 yang dilanjutkan Keppres 20 tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Namun kata Bamsoet bukan berarti TNI tidak boleh mengambil tindakan tegas. Terhadap tindakan apapun yang mencederai kedaulatan bangsa dan negara, TNI harus tetap melakukan tindakan tegas dan terukur.

Menurut Bamsoet, pendekatan teknis yang digunakan lebih kepada operasi teritorial, bukan operasi tempur.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: