Evakuasi Jenazah Nakes Dibunuh KKB Papua Terkendala, IDI Papua: Masih Ada Penembakan

Felldy Utama · Minggu, 19 September 2021 - 15:29:00 WIB
Evakuasi Jenazah Nakes Dibunuh KKB Papua Terkendala, IDI Papua: Masih Ada Penembakan
Aparat TNI-Polri berhasil mengevakuasi jenazah Suster Gabriela Maelani (22), meskipun harus berjuang keras menghindari KKB yang terus menembaki. (Foto: TNI AD)

JAKARTA, iNews.id - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Papua menjelaskan evakuasi jenazah tenaga kesehatan (nakes) yang dibunuh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Pegunungan Bintang beberapa waktu lalu masih berlangsung hingga kini. Ketua IDI wilayah Papua, Donald Aronggear mengatakan ada sejumlah kendala dalam evakuasi tersebut.

Donald menyampaikan jenazah suster Gabriela Meilani yang meninggal dunia akibat penyerangan tersebut sudah berhasil diangkat dari jurang. Kini jenazah ditempatkan di lokasi perlindungan terdekat di Kiwirok seraya menunggu evakuasi.

"Proses evakuasi jenazah oleh helikopter TNI terkendala oleh cuaca yang kurang baik serta penembakan," kata Donald dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/9/2021).

Sementara, kata dia, sejumlah tenaga kesehatan yang selamat dari persitiwa tersebut sudah dievakuasi ke Jayapura. Semuanya saat ini sedang dalam penanganan medis dan psikis untuk trauma yang dialami.

"Kondisi dr Restu Pamanggi yang mengalami fraktur di bagian tangan sudah dioperasi dan sedang dalam proses pemulihan secara medis seraya menjalani pemeriksaan psikis untuk pemulihan secara mental," ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: