Fadli Zon dan Sandiaga Diisukan Bakal Jadi Menteri Jokowi, Ini Penjelasan Habiburokhman

Felldy Utama ยท Sabtu, 05 Oktober 2019 - 10:03 WIB
Fadli Zon dan Sandiaga Diisukan Bakal Jadi Menteri Jokowi, Ini Penjelasan Habiburokhman

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon disebut bakal jadi menteri Jokowi. (Foto: iNews.id/Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id – Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Habiburokhman mereaksi rumor yang menyebut Gerindra meminta jatah menteri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Isu tentang tiga kader yakni Fadli Zon, Sandiaga Uno dan Edhy Prabowo bakal menjadi menteri dikatakannya tidak benar.

Habiburokhman menjelaskan, Gerindra hanya menyampaikan visi dan konsep bernegara kepada Jokowi mulai soal sumber daya, pemerintahan bersih, hingga pertahanan yang kuat. Tidak ada pembicaraan yang mengarah pada menteri.

"Enggak (benar), itu baru isu, baru isu. Jadi kalau Anda tanya ke saya dan Pak Dasco (wakil ketua umum Gerindra) kurang lebih sama ya dengan teman-teman Gerindra lainnya bahwa kami ini menawarkan visi menawarkan pemikiran-pemikiran (ke Jokowi)," kata Habiburokhman, dihubungi, Sabtu (5/10/2019).

Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Habiburokhman. (Foto: iNews.id/Feldy Utama).

Kabar Gerindra meminta jatah tiga menteri mencuat setelah Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Poyuono mengungkapkan hal itu. Puyuono menyebut Prabowo Subianto menyodorkan nama Waketum Gerindra Edhy Prabowo, Waketum Gerindra Fadli Zon dan Sandiaga Uno sebagai kandidat di Kabinet Kerja II.

Isu Gerindra meminta jatah menteri sebelumnya mencuat setelah merelakan posisi Ketua MPR yang sebelumnya diincar Ahmad Muzani. Melalui lobi-lobi panjang, posisi ketua MPR akhirnya menjadi milik politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Beredar kabar sikap legawa Gerindra terkait posisi ketua MPR ini karena hasil lobi antara Prabowo dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Konsekuensinya, Gerindra meminta jatah menteri.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan hal senada. Menurut dia, isu tentang tiga menteri yang diminta Gerindra entah dari mana datangnya. Gerindra sama sekali tidak pernah membicarakan, apalagi meminta hal tersebut.

"Enggak lah, enggak. Ngarang aja," ujar Dasco, Jumat (4/10/2019).

Saat disinggung soal arah politik Gerindra, wakil ketua DPR ini menyebut sikap partai masih menunggu arahan dari Ketua Dewan Pembina sekaligus Ketua Umum Prabowo Subianto.

Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjutak juga menepis isu tersebut. Menurutnya, Prabowo siap membantu bangsa dan negara di mana pun posisinya.

Prabowo, kata dia, sejak awal tidak pernah berbicara secara spesifik tentang posisi menteri dengan siapa pun, termasuk saat bertemu dengan Jokowi dan Megawati.

"Yang jelas, beliau (Prabowo) aktif menyampaikan pemikiran-pemikirannya untuk kepentingan rakyat," kata Dahnil.


Editor : Zen Teguh