Fakta Suku Mante di Aceh, Sempat Viral di Medsos

Alifia Nur Faiza · Rabu, 06 April 2022 - 17:54:00 WIB
Fakta Suku Mante di Aceh, Sempat Viral di Medsos
Suku Mante diyakini masih bermukim di pedalaman Aceh. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id - Suku Mante diyakini masih bermukim di pedalaman Aceh. Suku itu menjadi suku tertua yang ada di Tanah Rencong. 

Namun, eksistensinya kerap dipertanyakan, sebab hanya sedikit saja saksi ataupun jejak yang ditinggalkan. Berikut ini adalah fakta-fakta dari Suku Mante :

Viral di Media Sosial

Pada Maret 2017, jagat maya dihebohkan dengan unggahan video sejumlah pengendara motor trail, yang sedang menelusuri pedalaman Aceh, tiba-tiba bertemu dengan sosok manusia kerdil yang berlari dengan tubuh telanjang. 

Video milik akun bernama Fredography yang berdurasi 1 menit 57 detik itu telah ditonton hingga 1,4 juta kali pada 27 Maret 2017, seperti yang dikutip dari Antaranews. Banyak orang meyakini bahwa manusia kerdil itu adalah warga Suku Mante, yang keberadaannya nyaris tak pernah terendus sejak lama. 

• Asal-Usul Suku Mante

Orang Suku Mante dipercaya telah menempati Aceh sejak 3000 tahun Sebelum Masehi. Mereka tersebar di berbagai wilayah Aceh, termasuk belantara Aceh Timur, Aceh Besar, Pidie, sampai ke dataran tinggi Gayo.

Sejarawan dan arkeolog Aceh Husaini Ibrahim mengatakan, asal-usul suku Mante berawal dari rumah 12 di Aceh Besar ribuan tahun lalu. Dulunya dikenal dengan istilah rumoh 12. Namun, karena pengaruh orang Hindu, Buddha, dan Islam yang memasuki Aceh, orang Mante memutuskan menyebar dan pindah ke hutan belantara.
 
Nama Mante sendiri diperkenalkan oleh Snouck Hurgronje dalam buku De Atjehers. 

Mante diartikan sebagai istilah untuk “tingkah kebodoh-bodohan dan kekanak-kanakan”, meski Snouck sendiri belum pernah bertemu dengan orang suku tersebut. Snouck juga menyebutkan kalau Mante adalah orang Mantran dan mereka tinggal di perbukitan Mukim XXII. 

• Ukuran Tubuh yang Mungil

Orang Suku Mante dipercaya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada perawakan etnis Aceh pada umumnya. Tinggi rata-ratanya hanya berkisar 60 cm dan paling tinggi mencapai 1 meter. 

Mereka juga memiliki kulit cerah, wajah persegi, sepasang alis yang bertemu di pangkal hidung, dan tubuh yang kekar. Rambutnya panjang dan sering digerai, serta selalu melakukan aktivitas dengan bertelanjang badan. 

Snouck Hurgronje dalam bukunya berjudul Ensiklopedi Aceh: Adat, Bahasa, Geografi, Kesenian, Sejarah juga mengatakan bahwa Suku Mante punya bulu tebal di tubuhnya. Jika dilihat dalam video pengendara motor trail tadi, Suku Mante nampaknya lincah dalam berlari meski bertubuh mungil.


• Kehidupan Sehari-hari

Suku Mante diketahui pemakan segalanya (omnivora). Mereka berinteraksi menggunakan bahasa sendiri yang hanya dipahami oleh sesama mereka. 

Selain itu, Suku Mante juga menjalani cara hidup nomaden. Namun, mereka memilih gua sebagai tempat berlindung. Karena cara hidup yang berpindah-pindah inilah, membuat Suku Mante sulit untuk diteliti. 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda