Fasilitas Karantina Covid-19 di Pulau Galang, Jokowi: Kita Harapkan Tak Dipakai

Felldy Utama · Rabu, 01 April 2020 - 14:59:00 WIB
Fasilitas Karantina Covid-19 di Pulau Galang, Jokowi: Kita Harapkan Tak Dipakai
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau Fasilitas Kesehatan di Pulau Galang, Rabu (1/4/2020). (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan sejumlah fasilitas penampungan yang berada di Pulau Galang, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, dalam kondisi siap. Namun, Jokowi berharap fasilitas tersebut tidak digunakan terkait penanganan virus corona (covid-19).

"Kita harapkan ini enggak dipakai. Tapi kami siapkan. Sejak awal dibangun untuk disiapkan," ujarnya dalam jumpa pers di Pulau Galang, Batam, Rabu (1/4/2020).

Diketahui, rencananya Pulau Galang akan digunakan sebagai tempat observasi pasien covid-19 (virus corona) apabila semakin meluas di sejumlah wilayah Indonesia.

Jokowi menuturkan, peninjauan ini dimaksudkan untuk melihat sejumlah kesiapan pembangunan fasilitas di Pulau Galang. Dia menyebut, pemanfaatan ini sebagai upaya persiapan apabila beberapa waktu ke depan pasien positif corona melonjak signifikan.

"Ya semuanya ini memang kita rencanakan dan siapkan. Kita berharap tidak terjadi (peningkatan signifikan pasien corona), tapi paling tidak kita siap," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyampaikan Pulau Galang ini sudah mempersiapkan fasilitas berupa 360 kasur, kemudian untuk isolasi ada 20 ICU dan 30 Non ICU. Pulau Galang siap untuk menampung pasien covid-19 ini.

Editor : Djibril Muhammad