Festival Kebangsaan Jadi Ajang Kekinian Gaungkan Nilai-nilai Pancasila 

Rizqa Leony Putri · Rabu, 10 Agustus 2022 - 09:25:00 WIB
Festival Kebangsaan Jadi Ajang Kekinian Gaungkan Nilai-nilai Pancasila 
BPIP bersama Kesbangpol Kota Palu menggelar Festival Kebangsaan dalam rangka memperingati bulan Pancasila dan menyemarakkan HUT ke-77 Republik Indonesia (RI). (Foto: dok BPIP)

PALU, iNews.id - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu bekerja sama dalam membumikan Pancasila dengan cara kekinian melalui Festival Kebangsaan. Festival ini digelar dalam rangka memperingati bulan Pancasila dan menyemarakkan HUT ke-77 Republik Indonesia (RI).

Beberapa rangkaian acara seperti workshop video musik kebangsaan, bedah karya musik kebangsaan, lomba video pendek dan konten kreatif, lomba paduan suara lagu Indonesia Raya tiga stanza dan mars BNN, parade seni anak bangsa, parade budaya Nusantara, launching lagu Palu Adipura, hingga launching video musik kebangsaan turut meramaikan pagelaran ini sejak 3 Agustus 2022. Adapun malam puncak telah berlangsung di Taman Gor Palu, Senin (8/8/2022).

Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Karjono menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya berbagai rangkaian kegiatan tersebut.

“Kami dari BPIP mengapresiasi terkait dengan berbagai aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam rangka semarak bulan Pancasila di Kota Palu ini, kami unsur Pimpinanan BPIP menghaturkan terima kasih, bahwa semangat ini adalah bentuk nyata kita sama-sama untuk menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa kita untuk saling berbagi, menghargai dan saling gotong royong,” tuturnya,

Karjono mengapresiasi adanya kelurahan berdikari yang sudah mengedepankan nilai-nilai Pancasila dan semangat gotong royong dalam bermasyarakat. Selain itu, dia juga mengapresiasi adanya lomba menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza.

Dirinya mengingatkan agar tak ragu menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza, sebab sudah ada peraturan yang mengaturnya. Karjono berharap lagu tersebut senantiasa dapat dinyanyikan dengan benar dan dihayati bersama. 

Sementara itu, Sekretaris Utama BPIP Adhianti mengapresiasi berbagai rangkaian acara yang diselenggarakan Pemerintah Kota Palu. Dia pun merasa takjub dengan semangat anak-anak sekolah dasar dalam mengikuti lomba paduan suara menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza. Menurut Adhianti, hal itu dapat menjadi salah satu cara membangun jiwa nasionalisme sejak dini.

Editor : Rizqa Leony Putri

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda