Finalisasi Susunan DPP Partai Golkar, Airlangga Tunjuk Bamsoet Jadi Waketum

Felldy Utama ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 21:58 WIB
Finalisasi Susunan DPP Partai Golkar, Airlangga Tunjuk Bamsoet Jadi Waketum

Politikus Partai Golkar Ahmad Doli Kurniawan. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum DPP sekaligus Ketua Formatur Partai Golkar Airlangga Hartarto Selasa (14/1/2020) malam ini akan merampungkan susunan kepengurusan partai periode 2019-2024. Bambang Soesatyo (Bamsoet) bakal didapuk menjadi wakil ketua umum Partai Golkar.

Salah satu anggota formatur, Ahmad Doli Kurniawan memastikan Airlangga akan menunaikan janjinya dengan memasukkan Bambang Soesatyo ke dalam kepengurusan DPP Partai Golkar periode 2019-2024. "Kalau Pak Bamsoet kan sudah dari awal dinyatakan sama Pak Airlangga akan masuk sebagai wakil ketuanya," ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Doli mengatakan, selama ini tim formatur kepengurusan Partai Golkar telah menginventarisasi nama-nama calon yang akan mengisi kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar. Malam ini rencananya Airlangga Hartarto akan mengundang kembali tim formatur tersebut untuk membahas terakhir terkait draf kepengurusan.

"Malam ini kami rapat terakhir formatur. Mau diumumkan besok atau nanti tergantung Pak Ketum. Kita mau mendengarkan keputusan dari Pak Ketum," katanya.

Musyawarah Nasional (Munas) X Partai Golkar 2019 menetapkan Airlangga Hartarto menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar periode 2019-2024. Keputusan itu berdasarkan dukungan dari seluruh pemegang hak suara yakni Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I dan II Partai Golkar yang mendukung secara bulat atau aklamasi.

Aziz Syamsuddin yang memimpin sidang Munas X Partai Golkar 2019 menyampaikan, selain menerima pandangan umum dari 588 pemegang suara Partai Golkar terkait Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) DPP, seluruhnya juga merekomendasikan Airlangga Hartarto sebagai calon ketua umum tunggal atau aklamasi.

"Pertama, mengesahkan saudara Airlangga Hartarto sebagai calon tunggal ketua umum Partai Golkar masa bakti 2019-2024," kata Aziz, dalam sidang paripurna Kelima Munas X Partai Golkar, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu, 4 Desember 2019 malam.


Editor : Djibril Muhammad