Fokus pada Kesehatan Masyarakat, Bupati Tapanuli Utara Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022

Karina Asta Widara · Jumat, 23 September 2022 - 13:45:00 WIB
Fokus pada Kesehatan Masyarakat, Bupati Tapanuli Utara Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022
Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Indra Simaremare saat menerima penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022. (Foto: MNC Portal Indonesia)

SEMARANG, iNews.id - Berkat kesigapannya dalam melayani kesehatan masyarakat, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Indra Simaremare  meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 untuk kategori Kesehatan melalui inovasi Pelayanan Kesehatan Prima. Penghargaan ini diberikan oleh MNC Portal Indonesia bersama dengan Koran SINDO dan diselenggarakan di Sam Poo Kong, Semarang, pada Kamis (22/9/2022) malam.

Sejak awal pandemi, Kabupaten Tapanuli Utara memang fokus dalam kebutuhan kesehatan masyarakat dan hal ini tersebut terbukti dengan dibangunnya empat gedung baru khusus penanganan Covid-19 di kompleks RSU Daerah Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara. 

Adapun empat gedung yang diresmikan, yakni Gedung Perumahan Dokter Dr. (H.C) Ir.H. Soekarno, Gedung Instalasi Gizi Nikson-Sharlandy, Gedung Paru Fatmawati, Gedung Pemulasaran Jenazah bersumber dari dana refocusing APBD Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Anggaran 2021.

"Terima kasih kepada MNC Portal Indonesia yang telah memberikan apresiasinya kepada Kabupaten Tapanuli Utara atas Inovasi kesehatan yang sudah kami lakukan, bagaimana peningkatan rumah sakit daerah dan juga menjadikan Kabupaten Tapanuli Utara sebagai daerah yang bebas pasung," ujar Indra.

Lebih lanjut dia mengatakan, kesehatan masyarakat merupakan hal penting yang harus diperhatikan, juga terus berupaya agar intensif untuk para tenaga medis dioptimalkan tentunya dengan pelayanan kesehatan yang baik juga.

Tak hanya pembangunan rumah sakit yang terus dimaksimalkan, pada 2018 Dinas Kesehatan Taput melakukan Program Rumah Sehat yang khusus diperuntukkan bagi warga penderita gangguan jiwa agar tidak dipasung pihak keluarganya. 

Peresmian Laboratorium Pemeriksaan PCR Covid-19 di RSUD Tarutung. (Foto: dok Pemkab Tapanuli Utara)
Peresmian Laboratorium Pemeriksaan PCR Covid-19 di RSUD Tarutung. (Foto: dok Pemkab Tapanuli Utara)

Kemudian, pada 2020 juga Tapanuli Utara juga meresmikan Laboratorium Pemeriksaan PCR Covid-19 di RSUD Tarutung guna pelayanan lebih maksimal bagi pasien Covid-19.  Laboratorium memiliki kapasitas lebih banyak. Dimana dalam satu putaran bisa masuk 96 sampel sehingga dalam sehari bisa sebanyak 384 sampel dan  pelayanan kepada masyarakat-pun lebih maksimal. 

Editor : Anindita Trinoviana

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda