Fotografer Hasiholan Luncurkan Buku Barus Kota Emporium dan Peradaban

Tri Hatnanto ยท Sabtu, 12 Mei 2018 - 07:56:00 WIB
Fotografer Hasiholan Luncurkan Buku Barus Kota Emporium dan Peradaban
Buku fotografi Barus Kota Emporium dan Peradaban Bangsa akan diluncurkan pada Sabtu (19/5/2018) pekan depan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Fotografer senior Hasiholan Siahaan XIV akan meluncurkan karya terbarunya, buku fotografi berjudul "Barus Kota Emporium dan Peradaban Nusantara". Sejumlah tokoh dijadwalkan hadir dan membedah buku yang menguak tentang cakrawala sejarah dan peradaban kota kecamatan di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara itu.

Peluncuran buku direncanakan berlangsung di Pusat Kebudayaan Prancis - Institut Francais d’ Indonesia, Jalan Wijaya I No 48, Petogogan, Kebayoran baru, Jakarta Selatan, Sabtu,19 Mei 2018, pukul 15.00-17.00 WIB.

Rencana peluncuran buku itu mendapatkan apresiasi dari sejumlah kalangan. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Damayanti Lubis mengucapkan selamat kepada Hasiholan yang telah menuntaskan kerja kerasnya membingkai Barus dan menuangkan dalam buku fotografi jurnalistik.

“Meskipun tema besarnya sama dengan buku-buku lain yang sudah terbit sebelumnya, namun buku ini berbeda karena diekspos dengan jepretan kamera. Pembaca dapat mengetahui dan memahami sejarah Barus yang cukup panjang dengan mudah,” kata Damayanti, Sabtu (12/5/2018).

Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Maruarar Sirait mendukung karya budaya dan seni yang dikreasi Hasiholan. Menurut Ara, kehidupan Barus pada masa abad ke 7 SM-15 SM menjadi contoh bagi masyarakat Indonesia bagaimana pluralisme terjaga dan perbedaan hidup rukun berdampingan. Kehidupan Barus juga merefleksikan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

“Buku ini menjadi momentum yang pas di mana saat ini Barus menjadi perhatian bersama saat Presiden Joko Widodo berkunjung awal Januari 2018 dan menjadikan Titik Nol Pusat Peradaban Islam Nusantara,” kata dia.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Sibarani juga mengapresiasi rencana peluncuran buku itu. Bakhtiar bahkan mengaku siap hadir dalam peluncuran buku tersebut.

Didukung Institut Francais d’ Indonesia dan lembaga Komunitas Seni dan Budaya Toba, peluncuran Buku Barus Kota Emporium dan Peradaban Nusantara rencananya dibuka Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Sebagaimana lazimnya, acara peluncuran buku akan diisi sesi diskusi. Selain Damayanti Lubis, Maruarar Sirait, dan Bakhtiar, narasumber yang dijadwalkan hadir antara lain Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Duta Besar Prancis untuk Indonesia Jean-Charles Berthonet, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak 2009-2014 Meutia Hatta.

Selain itu, pemerhati Barus Irawan Santoso, arkeolog dan Dosen Universitas Indonesia Ghilman Assilmi, Ketua Komisi VII DPR dari Fraksi PKB Marwan Dasopang, dan Ketua Lembaga Riset Keamanan Cyber Pratama Persada.

Bagi Hasiholan, buku ini diharapkan menjadi perziarahan dirinya ke berbagai pelosok Indonesia. Dia juga berharap buku ini menjadi khasanah ilmu bagi masyarakat. ”Semoga buku ini memberi manfaat bagi bangsa Indonesia dan khususnya masyarakat Barus, Tapanuli Tengah,” kata fotografer Koran SINDO ini.

Editor : Zen Teguh