Gempa Sulut M7,1 , Masyarakat Diimbau Tetap Tenang

Arie Dwi Satrio · Kamis, 21 Januari 2021 - 20:41:00 WIB
Gempa Sulut M7,1 , Masyarakat Diimbau Tetap Tenang
Posisi gempa. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat tetap tenang menyusul adanya gempa berkekuatan magnitudo (M) 7,1 di dekat Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pada Kamis (21/1/2021). Masyarakat diminta hanya mengikuti informasi resmi pemerintah.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, Kamis (21/1/2021).

Selain itu, Bambang juga meminta masyarakat yang berada di daerah dekat dengan titik gempa agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Dia juga meminta agar masyarakat kembali memeriksa tempat tinggalnya pasca-diguncang gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," ucapnya.

Sebelumnya, BMKG menyebutkan, gempa bumi bertitik pusat di 4,98 derajat Lintang Utara dan dan 127,38 derajat Bujur Timur. 

Posisi itu berjarak 134 kilometer sebelah timur laut Melonguane, Sulawesi Utara. Kedalaman gempa bumi 154 km.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq