BPIP Dorong Generasi Indonesia Jadi Pelopor Gali Nilai-Nilai Pancasila 

Felldy Utama · Kamis, 21 Januari 2021 - 20:34:00 WIB
BPIP Dorong Generasi Indonesia Jadi Pelopor Gali Nilai-Nilai Pancasila 
Direktur Pengkajian dan Materi BPIP Muhammad Sabri saat menjadi narasumber webinar nasional "Sekolah Pancasila", Kamis (21/1/2021). (Foto: BPIP).

JAKARTA, iNews.id - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mendorong generasi Indonesia untuk menggali nilai-nilai Pancasila. Dengan langkah tersebut diharapkan mereka tidak terjebak pada isu-isu salah bahkan menyesatkan. 

Direktur Pengkajian dan Materi BPIP Muhammad Sabri menekankan Pancasila sebagai ideologi, pandangan dan dasar filosofis negara-bangsa Indonesia. Indonesia tidak mengenal ideologi lain selain Pancasila.

"Sejatinya saya  hendak mengungkapkan dan memastikan bahwa Indonesia tidak mengenal, tidak mengakui dan tidak menerima konsep ideologi selain Pancasila dan memilih model lain di luar sistem dan bentuk NKRI yang mengandaikan keberagaman", ucap Sabri saat menjadi narasumber webinar nasional "Sekolah Pancasila" dengan tema Respiritus Pancasila: Dialog Agama dan Negara Kamis, (21/1/2020). 

Sabri menuturkan, Indonesia hanya mengakui dan memberlakukan bentuk NKRI yang berideologi Pancasila sebagai satu-satunya sistem final yang menyatukan seluruh bangsa Indonesia dan bentuk permanen Indonesia Raya

Hakikat Indonesia, kata dia, adalah suatu cita-cita politik untuk mempersatukan unsur-unsur tradisi dan inovasi serta berbagai etnik, agama, budaya, dan kelas sosial yang beragam ke dalam wadah baru bernama bangsa dan negara Indonesia.

sekolah pancasila

Menurutnya, hasrat persatuan terdorong secara negatif oleh kehendak menghadapi musuh bersama seperti terorisme, radikalisme, kolonialisme dan lainnya. Sedangkan secara positif, tercipta oleh hasrat untuk mencapai kemerdekaan dan kebahagiaan bersama seluruh rakyat Indonesia.

"Nilai Persatuan memiliki energi yang mendorong dan menguatkan falsafah dan etos budaya gotong royong masyarakat dan bangsa Indonesia," ujarnya.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2