Gerindra Minta Pembiayaan Pembangunan Ibu Kota Baru Tak Libatkan Swasta

Ilma De Sabrini ยท Selasa, 27 Agustus 2019 - 15:24 WIB
Gerindra Minta Pembiayaan Pembangunan Ibu Kota Baru Tak Libatkan Swasta

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Edhy Prabowo. (Foto: iNews.id/ Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah diminta tidak melibatkan swasta dalam proses pembangunan ibu kota yang baru. Terutama terkait pembiayaan.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Edhy Prabowo mengingatkan, pembangunan ibu kota negara merupakan salah satu harga diri kedaulatan bangsa. Dia menilai, tidak pantas jika ada kelompok lain campur tangan dalam proses pembangunan.

"Dari sisi strukturnya yang paling penting pemindahan ibu kota itu pembangunannya harus biaya negara jangan ada biaya swasta," ujar Edhy di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2019).

BACA JUGA:

Gerindra: Prabowo Bersedia Berikan Lahannya di Kalimantan untuk Ibu Kota Baru

Dahlan Ungkap Ada Lahan Prabowo di Wilayah Ibu Kota Baru

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan, Kalimantan Timur sebagai lokasi ibu kota yang baru. Posisinya, berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Selanjutnya, Jakarta didesain sebagai pusat bisnis dan keuangan. "Jakarta akan tetap menjadi prioritas pembangunan dan terus dikembangkan menjadi kota bisnis, kota keuangan, pusat perdagangan dan pusat jasa berskala regional dan global,” kata Jokowi.


Editor : Kurnia Illahi