Great Eastern Life Indonesia dan Saya Pilih Bumi Ajak Masyarakat Terapkan Zero Waste
JAKARTA, iNews.id - Great Eastern Life Indonesia berkolaborasi dengan Saya Pilih Bumi, yang merupakan afiliasi National Geographic Indonesia, mengajak masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan melalui rangkaian aktivitas yang bertajuk “Reach for a Greener Tomorrow”.
Langkah ini memperkuat pesan utama kampanye Reach for Great yang diluncurkan pada Agustus 2022 lalu, melalui berbagai rangkaian aktivitas untuk gaya hidup berkelanjutan (sustainable lifestyle). Adapun aktivitas tersebut sejalan dengan sustainability pillar Great Eastern Life Indonesia yang berfokus pada lingkungan, peningkatan taraf hidup masyarakat, serta praktik bisnis yang bertanggung jawab.
Saat ini, gaya hidup modern memberikan banyak kemudahan, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini juga memberikan dampak negatif terhadap lingkungan, termasuk peningkatan produksi sampah di Indonesia.
Data resmi terbaru dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia menunjukkan, jumlah timbunan sampah di Indonesia per akhir 2021 mencapai 31,3 juta ton.
Hal tersebut membuat persoalan sampah di Indonesia menjadi sorotan berbagai pihak. Baik pemerintah, pelaku usaha, maupun publik bahu-membahu membuat kebijakan, program, dan gerakan yang dapat membantu mengurangi volume sampah.
Masyarakat Indonesia, termasuk para generasi milenial, menganggap serius isu sampah yang erdampak buruk untuk lingkungan. Kesadaran masyarakat, khususnya generasi milenial terhadap lingkungan saat ini terbilang sangat tinggi.
Menurut survey terbaru, sebanyak 71 persen responden yang berasal dari generasi milenial merasa bertanggung jawab untuk mengurangi dampak buruk bagi lingkungan. Kemudian, 67 persen di antaranya rela mengeluarkan uang lebih untuk produk/jasa yang berdampak baik bagi lingkungan.
Melihat hal ini, Great Eastern Life Indonesia dan Saya Pilih Bumi hendak menyebarkan semangat positif agar masyarakat Indonesia mulai bergerak menuju gaya hidup tanpa sampah (zero waste). Great Eastern Life Indonesia membawa pesan bahwa untuk jadi hebat, Reach for Great, masyarakat harus melindungi lingkungan yang ditinggalinya.