Gugus Tugas: 85 Persen Pasien Corona Meninggal Berusia di Atas 45 Tahun

Rizki Maulana ยท Sabtu, 09 Mei 2020 - 14:15 WIB
Gugus Tugas: 85 Persen Pasien Corona Meninggal Berusia di Atas 45 Tahun

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (22/2/2020).

JAKARTA, iNews.id - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengatakan 85 persen pasien meninggal dunia karena corona berusia di atas 45 tahun. Risiko paling tinggi dimiliki orang berusia di atas 60 tahun.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas, Wiku Adisasmito kasus positif corona di Indonesia didominasi usia 31-59 tahun. Wiku menyebut pemetaan berdasarkan umur itu penting untuk melindungi masyarakat yang rentan.

"Kasus positif memang didominasi usia 31-59 tahun, tapi 85 persen pasien meninggal karena corona berusia di atas 45 tahun," ucapnya melalui telekonferensi di Jakarta, Sabtu (9/5/2020).

Selain itu, kondisi pasien yang memiliki penyakit penyerta tak dapat dikesampingkan. Dia menyebut sebagian besar pasien positif corona memiliki penyakit penyerta hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Lalu ada diabetes melitus, panyakit jantung, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). PPOK bisa diakibatkan oleh pencemaran udara seperti merokok atau infeksi tertentu di paru-paru.

Oleh sebab itu dia meminta masyarakat yang memiliki penyakit penyerta itu ekstra berhati-hati. Dia juga meminta semua elemen masyarakat melindungi orang sekitarnya yang memiliki risiko tinggi.

"Masyarakat yang memiliki penyakit penyerta seperti itu harus ekstra berhati-hati," ucapnya.

Wiku juga menjelaskan sebagian besar pasien positif corona memiliki gejala batuk. Sementara itu kasus positif corona didominasi pria dengan 60 persen dan 40 persen perempuan.

"Ini gambaran secara nasional," katanya.

Editor : Rizal Bomantama