Gus Yahya: Rencananya Paus Fransiskus Berkunjung ke Indonesia Tahun Ini

Sindonews ยท Minggu, 19 Januari 2020 - 14:48 WIB
Gus Yahya: Rencananya Paus Fransiskus Berkunjung ke Indonesia Tahun Ini

Katib Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Pemimpin tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus dikabarkan berkunjung ke Indonesia pada tahun ini. Kabar tersebut disampaikan Katib Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf.

"Ya, itu rencananya," kata pria yang biasa disapa Gus Yahya saat wawancara dengan National Chatolic Register, Jumat, 17 Januari 2020 seperti dicuit akun Twitter @EWTNVatican.

Gus Yahya juga mendengar Pemerintah Indonesia sudah mendapatkan informasi tentang hal itu. Menurut dia, kedatangan Paus Fransiskus dapat menyebarkan kedamaian di Indonesia.

"Dunia juga akan melihat sebagai momentum penting untuk masa depan kemanusiaan yang lebih baik," ujarnya.

Sebelumnya, Gus Yahya bersama 18 tokoh agama peserta Forum Inisiatif Agama-Agama Ibrahim (Abraham Faiths Initiative) bertemu Paus Fransiskus kediamannya di Kompleks Basilica, Vatikan, 15 Januari 2020.

Dalam pertemuan itu, Gus Yahya menjadi salah satu pembicara. Dia mengajak para pemimpin agama untuk melakukan refleksi sejujur-jujurnya tentang posisi teologis agama masing-masing dalam upaya perdamaian.

"Harus diakui, ada norma-norma ortodoksi yang memang masih mendorong segregasi, diskriminasi, dan konflik," ujar Gus Yahya dalam forum tersebut.

Editor : Djibril Muhammad