Hardiknas, Prabowo Unggah Pesan Pendidikan Sumitro Djojohadikusumo

Felldy Utama ยท Sabtu, 02 Mei 2020 - 21:50 WIB
Hardiknas, Prabowo Unggah Pesan Pendidikan Sumitro Djojohadikusumo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengisi Hari Pendidikan Nasional 2020 dengan mengunggah kutipan inspiratif dari begawan ekonomi Indonesia, Sumitro Djojohadikusumo. Kutipan itu tentang pesan mendalam bagaimana ekonom terkemuka itu mendidik anak dan murid-muridnya.

“I never force anything, I teach my children and my student the principle ‘think and decide on your own’. -Sumitro Djojohadikusumo-,” ucap Prabowo dalam akun Instagram miliknya, Sabtu (2/5/2020) malam.

Kutipan itu berarti, “Saya tak pernah memaksakan apapun, saya mengajar anak-anak dan murid-murid saya prinsip ‘pikirkan dan putuskan sendiri’.

Unggahan tersebut disertai gambar ilustrasi setumpuk buku. Salah satu buku bersampul hitam dan tampak menonjol berjudul “Perkembangan Pemikiran Ekonomi” karya Sumitro.

Sumitro atau Soemitro Djojohadikusumo tak lain ayahanda Prabowo. Doktor lulusan Rotterdam, Belanda ini dikenal sebagai mahaguru ekonomi Indonesia.

Sederet muridnya merupakan tokoh-tokoh ekonomi penting Indonesia, seperti mantan menteri keuangan JB Sumarlin, Ali Wardhana, dan Widjojo Nitisastro. Dalam kariernya, Sumitro juga pernah tercatat sebagai Menteri Perdagangan dan Perindustrian (1950-1951) dan Menteri Keuangan (1952-1953). Dia juga dikenal sebagai tokoh pendiri Bank Negara Indonesia (BNI).

Sederet buku pernah ditulis Sumitro. Adapun buku “Perkembangan Pemikiran Ekonomi” yang diunggah Prabowo mengupas tentang teori, model, serta aliran-aliran pendekatan tentang ekonomi makro dan pembangunan.

Unggahan Prabowo di Hardiknas, 2 Mei 2020 ini mendapat apresiasi dari warganet. Belum satu jam diunggah, lebih dari 22.000 tanda suka diberikan netizen.

Dalam unggahan sebelumnya, Prabowo menuliskan pesan Ki Hajar Dewantara, yakni ing ngarso sing tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani.

"Di depan memberi teladan, di tengah memberi semangat, di belakang memberikan dorongan. Selamat Hari Pendidikan Nasional," ucap mantan Danjen Kopassus ini.

Editor : Zen Teguh