Hindari Mafia Alutsista, Prabowo: Saya Negosiasi Langsung dengan Produsen

Riezky Maulana ยท Senin, 14 Juni 2021 - 13:29:00 WIB
Hindari Mafia Alutsista, Prabowo: Saya Negosiasi Langsung dengan Produsen
Menhan Prabowo Subianto memilih bernegosiasi langsung dengan produsen alutsista untuk menghindari mafia. (Foto: Youtube Deddy Corbuzier)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memilih jalur negosiasi secara langsung dengan produsen saat belanja alat utama sistem persenjataan (Alutsista). Tujuannya untuk meminimalisasi potensi tindak korupsi ataupun keterlibatan mafia dalam industri pertahanan.

Pernyataan ini dilontarkan Prabowo ketika menjawab pertanyaan Deddy Corbuzier ihwal keberadaan sosok mafia alutsista dengan inisial MR yang belakangan ramai diperbincangkan.

"Mau kita tertibkan, kita minimalkan. Kita susun suatu sistem, sistemnya apa? Jadi sekarang banyak yang saya lakukan, saya negosisasi langsung dengan produsen," ucap Prabowo dalam podcast Deddy Corbuzier dikutip Senin (14/6/2021).

Prabowo pun tak menampik banyak mafia-mafia alutsista berkeliaran. Menurut dia, dengan cara bernegosiasi langsung maka Prabowo bisa mengetahui secara langsung dan jelas berapa harga pembeliaan suatu alat.

Untuk mencegah potensi korupsi dalam pengadaan alutsista tersebut, eks Danjen Kopassus ini menyebut Kemhan akan melibatkan beberapa instansi. Antara lain Kejaksaan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Badan Pengawas Keuangan (BPK).

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2