Hindari Peretasan, BSSN Dinilai Penting untuk Kesuksesan Pemilu Serentak 2024

Kiswondari Pawiro ยท Senin, 05 September 2022 - 04:47:00 WIB
Hindari Peretasan, BSSN Dinilai Penting untuk Kesuksesan Pemilu Serentak 2024
BSSN dinilai penting dalam kesuksesan penyelenggaraan pemilu 2024 mendatang. (Foto Ilustrasi : Ist)

JAKARTA, iNews.id - Komisi I DPR RI menilai bahwa keberadaan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) penting dalam kesuksesan penyelenggaraan pemilu 2024 mendatang.  BSSN sebagai supporting utama dalam konteks penguatan dan keamanan data-data saat pemilihan tersebut berlangsung.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi I DPR Ahmad Helmy Faishal Zaini usai pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik dengan jajaran Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), di Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (2/9/2022).

“Kita pernah mendengar ada serangan siber terhadap Pemilihan Presiden di Amerika Serikat yang dilakukan Rusia, bahkan negara-negara lain pun pernah memiliki pengalaman terhadap serangan melalui hacker ataupun dengan cara mempengaruhi opini publik melalui berbagai macam laman sosial media, saat berjalanya penyelenggaraan Pilpres,” kata Helmy dikutip Senin (5/9/2022)
 
“Untuk itu, kehadiran BSSN dinilai sangat penting sekali, guna menunjang sistem kerja yang lebih baik lagi, serta dapat meminimalisir serangan-serangan yang akan terjadi saat penyelenggaraan Pilpres dan Pileg 2024. Komisi I DPR RI akan memberikan support sekaligus memberikan masukan-masukan demi kelancaran dan berlangsungnya penyelenggaraan tersebut,” ujarnya.

Helmy pun mendorong BSSN bisa meningkatkan keamanan perlindungan data serta harus memiliki inovasi baru. Jika saat ini pengelolanya banyak yang baby boomers, yang usianya sudah tidak mengikuti perkembangan media sosial, atau bisa dikatakan gagap teknologi tidak bisa mengikuti passion.

BSSN perlu merekrut anak-anak milenial yang memiliki passion dalam perkembangan sosial media, sehingga apa yang diharapkan bisa terwujud.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda