Hoaks BJ Habibie Meninggal Kembali Beredar, Keluarga Sangat Menyesalkan

Aditya Pratama, Febrines Stefanif ยท Rabu, 11 September 2019 - 06:25 WIB
Hoaks BJ Habibie Meninggal Kembali Beredar, Keluarga Sangat Menyesalkan

Putra Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie (depan) memberikan keterangan pers di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (10/9/2019). (Foto: Antara/Galih Pradipta).

JAKARTA, iNews.id – Keluarga Bacharudin Jusuf (BJ) Habibie prihatin dan sangat menyesalkan beredarnya kabar bohong atau hoaks meninggalnya Presiden ke-3 RI tersebut. Masyarakat diminta tidak mempercayai informasi-informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie mengaku dirinya mendapatkan pertanyaan bertubi-tubi pada Selasa (10/9/2019) pagi saat kabar BJ Habibie meninggal. Thareq berharap masyarakat dapat mengecek dari sumber-sumber terpercaya.

"Saya cuma katakan kepada orang-orang yang menyebarkan hoaks itu, coba lihat dong Dewan Pers ga report (menginformasikan), negara gak report. Jadi, (masyarakat) jangan percaya berita hoaks. Percayalah ke kalian-kalian (wartawan) yang bener asli, memberi berita yang asli," ujar Thareq dalam konferensi pers di Lobby RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019) malam.

BACA JUGA: Proses Penyembuhan BJ Habibie Masih Dibantu Alat Medis

Thareq meminta tidak ada lagi orang-orang yang membuat berita bohong tentang ayahnya meninggal. Apalagi kemudian menyebarkan.

Dia memastikan, BJ Habibie saat ini benar-benar membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Oleh karena itu, mantan menteri riset dan teknologi itu dirawat di ruang ICU. Tidak semua orang dapat menjenguknya.

"Keadaan bapak sudah stabil membaik , cuma bapak sangat lemas, sangat capek diajak ngomong bereaksi, ditanya manggut bisa, tapi jawab tidak ada. (Sekarang) sudah membaik, sudah stabil," kata dia.

Selasa pagi masyarakat diketjutkan ketika beredar informasi BJ Habibie meninggal. Kabar itu menjadi pesan berantai di WhatsApp dan media sosial. Asisten Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, telah mengonfirmasi bahwa informasi itu hoaks.

”Pagi ini beredar berita hoax, hoax!! Beliau dalam keadaan aman terkendali. Terima kasih," kata Rubijanto kepada iNews.id melalui pesan singkat, Selasa (10/9/2019). Hoaks semacam ini bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, kabar bohong meninggalnya Habibie juga telah mengemuka.

Adik kandung Habibie, Sri Soedarsono, juga menyesalkan berulangnya hoaks tentang kabar duka itu. Dia pun mengaku tidak habis pikir ada orang yang sangat tega mengabarkan hal tersebut.

"Kok ada orang iseng seperti itu ya, mudah-mudahan umur panjang," ujar Sri, seusai menjenguk kakaknya.


Editor : Zen Teguh