HS, Tersangka Pengancam Penggal Kepala Jokowi Terancam Penjara Seumur Hidup

Irfan Ma'ruf ยท Senin, 13 Mei 2019 - 19:33 WIB
HS, Tersangka Pengancam Penggal Kepala Jokowi Terancam Penjara Seumur Hidup

HS, pria yang terekam mengancam penggal Jokowi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Tersangka yang mengancam memenggal kepala Presiden Joko Widodo (Jokowi) berinisial HS (25) diancam hukuman penjara maksimal seumur hidup. HS dikenakan pasal makar karena dianggap mengancam keamanan negara dan mempunyai niat untuk membunuh kepala negara.

“Tersangka dijerat Pasal 104 KUHP dan atau Pasal 110 KUHP, Pasal 336 dan Pasal 27 Ayat 4 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik karena yang bersangkutan diduga melakukan perbuatan dugaan makar dengan maksud membunuh dan melakukan pengancaman terhadap presiden,” kata Wakil Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Ade Ary Syam Indradi, di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Setelah mencoba melarikan diri karena video viral dirinya yang mengancam Presiden Jokowi, HS ditangkap di Perumahan Metro, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/5/2019) pukul 08.00 WIB. Dia ditangkap saat sedang tidur di rumah saudaranya.

Setelah diamankan polisi, HS lalu digiring ke Polda Metro Jaya. Hingga saat ini, pemuda itu masih dimintai keterangan secara intensif guna mengetahui maksud dan motif ancaman terhadap presiden tersebut. “Tersangka masih dilakukan pendalaman untuk mengetahui motif dan latar belakang (menyerukan ancaman pemenggalan terhadap presiden),” ujar Ade.

BACA JUGA: Pria Ancam Penggal Jokowi Tersangka, BPN Pastikan Beri Bantuan Hukum

Sementara itu, dari keterangan yang diperoleh penyidik, HS mengaku tidak saling mengenal dengan perekam video yang membuat aksinya menjadi viral tersebut. Sampai kini, polisi masih mencari perekam video itu. “Kami masih melakukan penelusuran (perekam) diduga berasal dari Sukabumi. Ya, nanti kita lakukan pendalaman maksud dan tunuan menyebarkan video tersebut,” ujar Ade.

Sebelumnya, HS dicari polisi setelah videonya tersebar di media sosial. Dalam video itu, HS tampak mengenakan peci dan mengancam akan memenggal kepala Jokowi. Video itu diambil saat HS mengikuti demonstrasi di depan Kantor Bawaslu, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2019).


Editor : Ahmad Islamy Jamil

TAG :