HUT ke-74 Bhayangkara, Jokowi Perintahkan Polri Awasi Dana Covid-19

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 09:50 WIB
HUT ke-74 Bhayangkara, Jokowi Perintahkan Polri Awasi Dana Covid-19

Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara/BPMI Setpres).

JAKARTA, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Polri, Kejaksaan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan lembaga pengawasan internal pemerintah untuk terus memperkuat sinergi. Penguatan itu juga mencakup pengawasan penggunaan anggaran Covid-19.

Jokowi menuturkan, anggaran penanganan virus corona yang dikucurkan pemerintah cukup besar, yaitu Rp695,2 triliun. Dana ini sangat mungkin bertambah jika diperlukan.

“Aspek pencegahan harus lebih dikedapankan, jangan sampai menunggu terjadi masalah. Kalau ada potensi masalah segera diingatkan, tapi kalau sudah ada niat buruk untuk korupsi, ada mens rea (niat jahat), ya, harus ditindak. Silakan digigit saja. Apalagi dalam situasi krisisi seperti ini, tidak boleh ada satu pun yang main-main,” kata Jokowi saat memimpin upacara HUT ke-74 Bhayangkara di Istana Negara, Rabu (1/7/2020).

Jokowi mengingatkan, pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia, merupakan cobaan berat. Jokowi mengajak seluruh bangsa untuk terus berikhtiar dan bekerja keras mengatasi permasalahan kesehatan dan ekonomi akibat dampak pandemi ini.

Kepala Negara menekankan, keselamatan rakyat merupakan hal paling utama. Keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi.

“Dalam situasi sulit ini kehadiran dan keterlibatan Polri sangat-sangat vital,” kata Jokowi.

Hadir dalam upacara ini Wakil Presiden Ma’ruf Amin, para menteri Kabinet Indonesia Bersatu, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan pimpinan lembaga negara. Upacara menerapkan protokol kesehatan ketat dan disiarkan secara daring.

Editor : Zen Teguh