Ibu Kota Pindah, DKI Jakarta Diminta Gabung Provinsi Banten

Aditya Pratama ยท Sabtu, 21 September 2019 - 06:01 WIB
Ibu Kota Pindah, DKI Jakarta Diminta Gabung Provinsi Banten

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Banten, Al Muktabar menjadi salah satu narasumber di acara diskusi yang diselenggarakan oleh Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Jakarta, Jumat (20/9/2019). (Foto: iNews.id/ Aditya Pratama).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan mengajukan ke pemerintah pusat agar DKI Jakarta masuk wilayah Provinsi Banten. Pengajuan tersebut dilakukan jika Ibu Kota jadi pindah ke Kalimantan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Banten, Al Muktabar mengatakan penggabungan DKI Jakarta ke dalam wilayah Banten untuk mengoptimalisasi bonus demografi setelah lepas status sebagai Ibu Kota.

"Bila DKI Jakarta pindah status Ibu Kota, keistimewaannya lepas, maka kita akan mengajukan DKI Jakarta bagian dari Provinsi Banten,” ujar Al Muktabar di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).

BACA JUGA:

Kota Depok dan Kota Bekasi Ingin Masuk DKI, Anies: Kenapa pada Ingin Gabung?

Soal Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan, Anies: Jakarta Jalan Terus

Dia berharap Lemhannas mendukung langkah Pemprov Banten agar DKI Jakarta masuk dalam Provinsi Banten. Dia berjanji akan mengelola dengan baik dana APBD DKI Jakarta yang mencapai Rp77 triliun.

“Mumpung lagi di Lemhannas kita sedang berdiskusi terkait bonus demografi, mengaitkannya dengan rencana pindahnya Ibu kota negara. Kalau mungkin Lemhannas bisa men-support kita pengkajian (Jakarta pindah ke Banten),” ucapnya.

Sementara, Wali Kota Bekasi yang biasa dipanggil Pepen, sebelumnya meyakini sebagian besar warganya setuju jika Kota Bekasi bergabung dengan Provinsi DKI Jakarta. Pernyataan itu disampaikan Pepen usai menghadiri apel pagi di kompleks Kantor Pemerintah Kota Bekasi, Senin (19/8/2019).


Editor : Kurnia Illahi