Idham Azis Pensiun dari Polri: Berkumpul Keluarga, Mancing dan Berkebun

Sindonews · Minggu, 31 Januari 2021 - 09:07:00 WIB
Idham Azis Pensiun dari Polri: Berkumpul Keluarga, Mancing dan Berkebun
Buku Idham Azis Sang Elang Pemimpin. (Foto ist).

JAKARTA, iNews.id - Idham Azis sudah purna tugas sebagai Kapolri digantikan Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang dilantik Presiden Jokowi, Rabu (27/1/2021). Namun Idham Azis mengaku tak punya rencana khusus begitu pensiun

Dia hanya membayangkan makin sering berkumpul dengan keluarga. Dia juga akan selalu rindu Kendari dan ingin memancing sepuas-puasnya serta berkebun.

Dalam bukunya berjudul "Idham Azis Sang Elang Pemimpin", pria kelahiran Kendari, Sulawesi Tenggara, 30 Januari 1963 itu juga akan terus menjalankan hobinya bermain bulu tangkis dan memelihara ikan arwana. Idham mulai memelihara ikan sejak masih berpangkat letnan dua.

Dia membeli ikan pertamanya di Pasar Ciroyom, tanpa memusingkan apa falsafah dibalik gerak gerik si arwana. Saat ini, dia mempunyai enam ekor di rumah pribadinya. Dia membeli karena senang saja tidak investasi, karena kadang ikan tersebut malah dihadiahkan kepada orang lain.

"Mungkin karena saya Aquarius kali, saya senang air. Mungkin lho, tapi yang jelas sudah 32 tahun. Dan setiap saya punya kantor pasti ada arwananya," kata Idham dalam buku tersebut yang dikutip, Minggu (31/1/2021).

Saat ini, Idham juga mulai memelihara sembilan ekor koi yang panjangnya satu meter. Dia juga memiliki cucakrawa dan murai yang suaranya bagus. Tetapi dia membeli karena lebih kasihan kepada di penjual, seorang pelatih bulu tangkis yang bekerja sebagai pelatih di Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Hobi lain yang dia tekuni adalah mengoleksi keris dari berbagai daerah di Nusantara. Ada juga pemberian teman sebagai peninggalan leluhurnya. "Tapi saya tidak benar-benar paham keris, kawan-kawan yang tahu," kata Idham.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: