Idul Adha saat Pandemi Covid-19: Jokowi Salat di Bogor, Ma'ruf Amin di Rumah Dinas

Antara ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 06:35 WIB
Idul Adha saat Pandemi Covid-19: Jokowi Salat di Bogor, Ma'ruf Amin di Rumah Dinas

Presiden Joko Widodo salat Idul Fitri di Istana Bogor (Biro Setpres)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta keluarga akan melaksanakan Salat Idul Adha di Bogor pada Jumat (31/7/2020). Jokowi dan keluarga pada 24 Mei 2020 juga menunaikan Salat Idul Fitri di halaman depan Wisma Bayurini di kompleks Istana Kepresidenan Bogor.

Hal itu dilakukan karena adanya pandemi Covid-19. Protokol kesehatan ditingkatkan guna mencegah penularan.

"Tidak ada persiapan khusus untuk Salat Idul Adha Presiden Jokowi. Shalatnya intern, yang akan dilaksanakan di Bogor bersama keluarga," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Jakarta, Kamis (30/7/2020).

Heru menjelaskan pula Presiden sudah menyerahkan hewan kurban ke semua provinsi.

"Kurban nanti untuk semua provinsi dan juga ke Masjid Istiqlal... Masing-masing provinsi 1 ekor sapi," kata Heru.

Heru mengatakan sapi kurban Presiden beratnya 800 kilogram sampai satu ton dan sudah disalurkan ke provinsi-provinsi.

"Dari Senin kemarin saya sudah sosialisasikan agar semuanya disalurkan, dan terakhir hari ini disalurkan," kata Heru.

Hewan kurban Presiden antara lain diserahkan ke Masjid Istiqlal. Hewan kurban Presiden yang diserahkan ke Masjid Istiqlal yakni sapi berjenis peranakan Ongole dengan berat 1.088 kilogram dari Tulang Bawang, Lampung.

Selain itu, Presiden menyerahkan sapi untuk kurban ke Nusa Tenggara Barat, Bengkulu, Aceh, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Jambi, dan provinsi yang lain.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dijadwalkan melakukan Salat Idul Adha dengan menerapkan protokol kesehatan di rumah dinas wapres di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam keterangan resmi dari Sekretariat Wakil Presiden yang diterima di Jakarta, Ma’ruf Amin akan bertindak sebagai imam dan khatib salat, dengan diikuti antara lain oleh Wury Estu Handayani, staf, perangkat protokol, dan anggota Pasukan Pengamanan Presiden dan Wapres (Paspampres).

Seperti pada pelaksanaan Salat Idul Fitri beberapa waktu lalu, Wapres melaksanakan Shalat Idul Adha secara pribadi dan menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq