Imbau Salat Id di Rumah, Mahfud MD: Masjidil Haram dan Nabawi Juga Ditutup

Felldy Utama ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 12:07 WIB
Imbau Salat Id di Rumah, Mahfud MD: Masjidil Haram dan Nabawi Juga Ditutup

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. (Foto: BNPB).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD kembali mengimbau agar umat muslim tak melaksanakan salat Idul Fitri 1441 Hijriah berjemaah di masjid atau tanah lapang, dan menggantinya di rumah saja. Upaya tersebut dalam rangka menghindari potensi penyebaran virus corona (Covid-19) di Tanah Air.

Mahfud mengatakan seruan pemerintah ini juga selaras dengan apa yang selalu diimbau sejumlah lembaga keagamaan seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan sejumlah organisasi Islam lainnya. "Saya mengajak kita semua, mari salat id di rumah dengan khusyuk," katanya dalam pesannya melalui video yang diterima wartawan, Jumat (22/5/2020).

Di tengah pandemi seperti ini, Menurut dia, Indonesia bukan satu-satunya negara yang mengimbau agar pelaksanaan salat id di rumah. Dia mengaku, Arab Saudi juga menerapkan kebijakan yang serupa.

"Bahkan meski suci yang ada di Makkah dan Madinah yaitu Masjidil Haram dan Nabawi juga ditutup demi menyelamatkan kaum muslimin dari penularan Covid-19," ujarnya.

Tak hanya pelaksanaan ibadah, mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini juga mengimbau agar halal bihalal atau silaturahmi tatap muka yang biasa dilakukan saat lebaran juga harus dibatasi. Dia menyarankan agar silaturahmi tersebut dilakukan secara virtual.

"Sesudah itu juga halal bihalal tidak harus berkerumun, tetapi juga bisa melalui virtual atau kalau harus terpaksa bertemu dengan keluarga inti saja dengan membatasi waktu dan tetap jaga jarak," katanya.

Editor : Djibril Muhammad