Indonesia Peringkat 27 Negara Paling Banyak Terkena Serangan Siber

Antara ยท Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:57 WIB
Indonesia Peringkat 27 Negara Paling Banyak Terkena Serangan Siber

Serangan siber (ilustrasi). (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id – Indonesia berada di posisi ke-27 dalam daftar negara paling banyak mendapat serangan online alias serangan siber di kuartal kedua 2018. Data tersebut diungkap oleh perusahaan keamanan siber Kaspersky Lab.

“Serangan yang terkait internet, Indonesia berada di peringkat ke-27 pada kuartal kedua, dari April ke Juni 2018,” kata General Manager South East Asia Kaspersky Lab, Yeo Siang Tiong, dalam temu media di Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Corporate Communications Manager Kaspersky Lab South East Asia, Sanjeev Nair, mengungkap lima negara dengan serangan siber paling banyak di kuartal kedua 2018. Peringkat pertama adalah Aljazair, kemudian disusul oleh Belarus, Moldova, Albania, dan Armenia.

Sementara, untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia berada di posisi keempat, di bawah Filipina, Malaysia, dan Vietnam. Setelah Indonesia, ada Thailand di posisi kelima.

Territory Channel Manager Kaspersky SEA-Indonesia, Dony Koesmandarin mengatakan, perusahaannya siap memberikan data tersebut kepada pemerintah jika memang dibutuhkan. “Ada beberapa agency yang menggunakan sistem keamanan kami untuk mendeteksi (serangan siber). Yang jelas, bagi Kaspersky, jika ada yang meminta (data), baik itu government atau siapa pun, akan kami berikan,” kata Dony.

Yeo mengatakan, Indonesia merupakan pasar yang penting bagi Kaspersky. Bukan saja karena potensi volume market, tetapi juga lantaran besarnya potensi serangan yang mesti dihadapi.

“Ada dua tujuan para kriminal melakukan serangan siber. Pertama, untuk mendapatkan uang dengan menjual data-data penting. Sementara, yang kedua untuk memperoleh pengakuan. (Serangan-serangan siber di) Indonesia ada di kriteria pertama,” ujar Yeo.


Editor : Ahmad Islamy Jamil