Indonesia Pernah Punya Pesawat Pengebom Canggih, Salah Satunya Dijuluki Storm Dragon

Ajeng Wirachmi ยท Kamis, 08 Desember 2022 - 16:09:00 WIB
Indonesia Pernah Punya Pesawat Pengebom Canggih, Salah Satunya Dijuluki Storm Dragon
Ilustrasi Pesawat Militer (Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Kekuatan militer Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Hal itu dibuktikan dengan pernah memiliki pesawat pengebom. Bahkan, hal itu sudah dimiliki sejak awal kemerdekaan. 

Karena hal itu juga, kekuatan armada militer di Indonesia menjadi salah satu yang ditakuti di kawasan Asia Tenggara. Banyak negara yang segan akan pertahanan Indonesia yang sangat bagus sehingga lahir julukan Macan Asia.

Daftar Pesawat Pengebom Milik Indonesia

  • TU-16

TNI AU pernah memiliki pesawat pengebom Tupolev TU-16 pada tahun 1960-an. Di era tersebut, militer Indonesia disebut sebagai singa di kawasan Asia lantaran memiliki armada pengebom strategis.

Melansir laman TNI AU, pembelian TU-16 dilatarbelakangi adanya keterbatasan kemampuan B-25 dan embargo suku cadang asal Negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS). Pesawat ini memiliki daya jelajah jauh dan membawa bom dengan muatan besar.

Sementara itu, laman Military Factory menjelaskan bahwa pesawat buatan Uni Soviet ini menjadi salah satu armada sentral selama masa Perang Dingin. TU-16 beroperasi di era 60-an hingga 90-an, serta sudah mengoperasikan berbagai teknologi canggih di masanya.

Tak cuma itu, oleh NATO, pesawat ini diberi nama Badger. Pesawat ini dirancang untuk melakukan pengeboman secara cepat dan tepat dari udara.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda