Indonesia Terima Hibah 300 Unit Refrigerator Vaksin Covid-19 dari Jepang

Antara ยท Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04:00 WIB
Indonesia Terima Hibah 300 Unit Refrigerator Vaksin Covid-19 dari Jepang
Menkes Budi Gunadi Sadikin (foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia menerima bantuan hibah berupa 300 unit alat refrigerator vaksin Covid-19 dari Pemerintah Jepang. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut fasilitas logistik menjadi salah satu penentu kesuksesan Indonesia dalam program vaksinasi yang telah bergulir selama 17 bulan terakhir.

"Ada yang bertanya kepada saya, kenapa Indonesia begitu sukses melaksanakan vaksinasi dalam 17 bulan mencapai 415 juta suntikan ke lebih dari 205 juta orang? Salah satunya adalah karena logistik," kata Budi dalam serah terima bantuan di JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (26/6/2022).

Menurut dia, ketersediaan logistik berupa fasilitas penyimpanan vaksin bersuhu dingin telah berkontribusi dalam memenangkan peperangan menghadapi pandemi.

Selama masa perang menghadapi Covid-19, sistem kesehatan di Indonesia telah diperkuat dengan pengadaan tempat penyimpanan vaksin dingin berkisar minus 82 derajat Celsius yang ideal untuk negara tropis. "Sehingga kami bisa melayani dan mendistribusikan vaksin ke 17.000 pulau dan 270 juta penduduk Indonesia," kata Budi.

Tempat penyimpanan vaksin yang dimiliki Indonesia di antaranya sebanyak 44 unit jenis ultra cold storage merupakan transaksi pembelian dari UNICEF melalui Fasilitas COVAX. Alat tersebut saat ini telah disebar ke 34 provinsi di Indonesia dan tersedia di PT Bio Farma Bandung, Jawa Barat.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda