Indonesia Visionary Leader, Bupati Maluku Barat Daya Akan Kuliahkan Tenaga Medis

Aditya Pratama ยท Selasa, 19 November 2019 - 18:56 WIB
Indonesia Visionary Leader, Bupati Maluku Barat Daya Akan Kuliahkan Tenaga Medis

Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Th Noach di Auditorium Gedung SINDO, Jakarta, Selasa (19/11/2019). (Foto: iNews.id/Aditya Pratama).

JAKARTA, iNews.id - Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Th Noach menginginkan masyarakat di daerahnya menjadi cerdas, sejahtera, adil, tangguh, dan melestarikan adat budaya. Untuk itu, pembangunan berbagai bidang akan digenjot, mulai infrastruktur hingga kesehatan.

Benyamin menuturkan, tidak mudah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Bagi Pemkab Maluku Barat, sejumlah tantangan menghadang mulai anggaran terbatas hingga akses untuk mobilitas penduduk.

Dia mencontohkan, akses antarpulau ke kota atau kabupaten maupun ke pulau-pulau atau ke pusat-pusat pertumbuhan ekonomi masih belum lancar.

"Jadi beberapa pulau itu belum ada jalan lingkarnya, belum ada jalan connection rute-nya dari desa ke desa. Jadi meski kapal perintis bisa masuk ke satu titik, masyarakat dari desa-desa lain akan kesulitan membawa hasil produksinya. Itu yang menghambat membuat ekonomi biaya tinggi," kata Benyamin saat memaparkan visi dan misinya di Indonesia Visionary Leader (IVL) yang digelar SINDO Media di Auditorium Gedung SINDO, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Dia menuturkan, akibat akses terbatas, masyarakat dengan pendapatan pas-pasan harus membeli sembako dengan harga tinggi. Atas dasar itu, dirinya menargetkan pembangunan infrastruktur dapat ditingkatkan.

Tantangan lain yakni pegawai negeri sipil (PNS) yang enggan menempati pulau-pulau di daerah terpencil. Dampaknya, pemkab harus mengangkat pegawai honorer untuk mengatasi kebutuhan layanan masyarakat itu.

Selain infrastruktur, Pemkab Maluku Barat Daya juga akan memperbaiki kualitas sekolah dan tenaga medis. Khusus untuk peningkatan tenaga kesehatan, Pemkab bahkan akan memberikan beasiswa dan menguliahkan mereka.

Tidak hanya itu, Pemkab membuat program menyekolahkan dokter ke jenjang ahli/spesialis dengan harapan mereka nanti mengabdi dan berkontribusi ke Maluku Barat Daya."Makin banyak dokter makin bagus, rumah sakitnya bisa jadi besar," tuturnya.

Editor : Zen Teguh