Indonesian Festival 2019, Keragaman Budaya Indonesia Warnai Kanada

Ilma De Sabrini ยท Selasa, 17 September 2019 - 08:21 WIB
Indonesian Festival 2019, Keragaman Budaya Indonesia Warnai Kanada

Salah satu pertunjukan seni budaya dari provinsi Kalimantan Tengah pada Indonesian Festival 2019 di Canadian Museum of History, Kanada, Sabtu, 14 September 2019. (Foto: istimewa)

KANADA, iNews.id - Penyelenggaran Indonesian Festival 2019 di Canadian Museum of History, Sabtu, 14 September 2019 berlangsung meriah dengan menonjolkan keanekaragaman budaya Indonesia. Kali ini, acara mengusung tema Discovering the Colours of Indonesia.

Indonesian Festival tahun ini berupaya menunjukkan identitas multikultur Indonesia dan kekayaan budayanya. Tidak hanya itu, potensi ekonomi, perdagangan dan pariwisata Indonesia juga disuguhkan kepada masyarakat Kanada.

Duta Besar RI Ottawa Abdul Kadir Jailani membuka Indonesian Festival 2019 dengan didampingi President-CEO Canadian Museum of History, Mark O’Neill. Dalam sambutannya Abdul mengatakan, Indonesian Festival 2019 merupakan kali pertama bagi KBRI Ottawa dalam menyelenggarakan kegiatan serupa di kota Gatineau, provinsi Quebec.

"Diharapkan kegiatan Indonesian Festival 2019 dapat menghibur lebih banyak masyarakat Kanada dan mampu mempromosikan keunggulan dan identitas Indonesia," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (17/9/2019).

Sedangkan President-CEO Mark O’Neill memberikan apresiasi atas pelaksanaan Indonesian Festival 2019. Dia berharap kegiatan tersebut akan semakin memperkenalkan budaya dan potensi Indonesia kepada masyarakat Kanada.

Pada Indonesian Festival 2019 pengunjung dihibur berbagai penampilan rancak tari tradisional dari berbagai provinsi Indonesia antara lain Tari Saman, Tari Tor-Tor dan Tari Kipas Pakarena serta alunan musik angklung dan keroncong khas Indonesia.

Indonesian Festival 2019 juga berkesempatan menghadirkan pertunjukan tari Bali yang dibawakan kolaborasi Bhayangkari Polisi Daerah Bali dan Pemerintah Kabupaten Badung serta pertunjukan seni budaya dari provinsi Kalimantan Tengah persembahan Sanggar Seni Betang Batarung yang berhasil memukau lebih dari 3.000 pengunjung.

Selain penampilan kesenian khas Indonesia, masyarakat Kanada juga berkesempatan mencoba membatik dengan menggunakan canting melalui kegiatan workshop batik dan menyaksikan keindahan pakaian bermotif Batik khas Betawi yang diperagakan pada saat acara.

Sebagai bagian dari upaya promosi potensi perdagangan dan pariwisata Indonesia di Kanada, Indonesian Festival 2019 juga menghadirkan berbagai produk-produk unggulan Indonesia. Kain, pakaian dan aksesoris bermotif Batik, berbagai kerajinan tangan khas Indonesia hingga Indomie berhasil menarik minat masyarakat Kanada.

Pengunjung juga dimanjakan berbagai sajian kuliner Indonesia yang dijual komunitas masyarakat Indonesia di wilayah Ottawa dan Gatineau mulai dari Nasi Kapau dan Sate Ayam hingga jajan pasar dan jamu.

Indonesian Festival merupakan kegiatan tahunan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ottawa dalam rangka mempromosikan budaya Indonesia, produk ekspor unggulan Indonesia, potensi pariwisata tanah air dan keragaman kuliner Indonesia kepada masyarakat Kanada.

Setiap tahunnya, festival dimeriahkan partisipasi para pelaku usaha dari Indonesia dan Kanada serta komunitas masyarakat Indonesia di wilayah Ottawa, Gatineau dan Montreal. Festival merupakan kerja sama KBRI Ottawa dengan pemerintah Pusat dan Daerah terkait di Indonesia.

Editor : Djibril Muhammad