Ini Harapan Pangkostrad dan Gubernur Akmil yang Baru Dilantik KSAD

Riezky Maulana · Jumat, 14 Agustus 2020 - 23:03 WIB
Ini Harapan Pangkostrad dan Gubernur Akmil yang Baru Dilantik KSAD

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa saat memimpin pelantikan Pangkostrad dan Gubernur Akmil. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Beberapa waktu lalu Markas Besar TNI AD (Mabesad) menggelar serah terima jabatan (sertijab) sembilan perwira tinggi. Dua jabatan di antaranya yaitu Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) dan Gubernur Akademi Militer (Akmil).

Upacara pelantikan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa. Jabatan Pangkostrad diserahterimakan dari Letjen TNI Besar Harto Karyawan kepada Mayjen TNI Eko Margiyono. Kemudian posisi yang ditinggalkan Mayjen TNI Dudung Abdurachman selaku Gubernur Akmil diisi oleh Brigjen TNI Totok Imam.

Dalam menjalani tanggung jawab baru sebagai Pangkostrad, Mayjen TNI Eko Margiyono menyebut dirinya akan membentuk anggota Kostrad menjadi prajurit yang sesuai dengan kapasitasnya. ⁣ Untuk membentuk prajurit yang mempuni semua akan dilakukan dengan mengubah pola pikir serba instan menjadi menghargai proses.

"Generasi milenial kadang ingin semua serba instan, kadang semua tidak bisa diperbuat dengan serba instan, semua melalui proses, termasuk didalam pembentukan prajurit Kostrad, tidak bisa kita bentuk mereka dengan instan menjadi prajurit profesional. Kita harus didik mereka, kita harus latih mereka dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu ke depan prajurit Kostrad harus profesional, sesuai dengan kapasitasnya," katanya dalam video yang diunggah TNI AD, Jumat (14/8/2020).

Selain itu, Eko juga berkeinginan agar para prajurit Kostrad mampu beradaptasi mengikuti perkembangan zaman, salah satunya dengan mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurutnya, di masa pandemi covid-19 ini, prajurit Kostrad juga tetap menjalani latihan drngan patuh akan protokol kesehatan.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Akmil Brigjen TNI Totok menuturkan, dirinya memiliki program kerja unuk membawa perwira akmil menjadi profesional dan dicintai rakyat sesuai dengan visi akmil. Visi misil Akmil yaitu 'Centre of Excellent'.

"Saya harus bisa menyusun kegiatan secara baik mulai dari tarunanya sendiri, kemudian para pelatih dan pengasuhnya, dosennya, sarana prasarananya serta dukungan yang lain sehingga operasional di Akmil nanti bisa optimal,” ujarnya.

Dia pun berharap lulusan Akmil menjadi seorang prajurit yang memiliki mental tangguh dan kemampuan yang dapat diterima masyarakat. Menurutnya, dengan bekal tersebut maka para lulusan Akmil dapat bersaing di tengah era globalisasi.

“Jadi lulusan yang hebat karena adanya perkembangan globalisasi tentunya persaingan cukup tinggi. Di situ nanti lulusan Akmil harus mampu bersaing,” katanya.⁣

Editor : Rizal Bomantama