Inovasi SiPelanduk Kilat Smart Hantarkan Gubernur Kaltara Raih Kepala Daerah Inovatif 2022

Tim MNC Portal ยท Jumat, 23 September 2022 - 16:45:00 WIB
Inovasi  SiPelanduk Kilat Smart Hantarkan Gubernur Kaltara Raih Kepala Daerah Inovatif 2022
Kadis Disdukcapil Provinsi Kalimantan Utara Sanusi mewakili Gubernur Kalimantan Utara menerima Penghargaan KDI 2022. (Foto: MNC Portal Indonesia)

SEMARANG, iNews.id - Berkat langkah jitu dalam peningkatan pelayanan di bidang kependudukan melalui program SiPelanduk Kilat Smart, Gubernur Kalimantan Utara Zainal A Paliwang meraih penghargaan dalam ajang Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 untuk Kategori Pelayanan Publik. 

Penghargaan diterima Kadis Disdukcapil Provinsi Kalimantan Utara Sanusi mewakili Gubernur Kalimantan Utara dalam acara Malam Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif ‘KDI’ 2022. Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan di Wilayah Pedalaman dan Perbatasan (SiPelanduk Kilat Smart) yang diterapkan Dinas Dukcapil Provinsi Kalimantan Utara ini. 

SiPelanduk Kilat Smart merupakan aplikasi yang memudahkan masyarakat pedalaman dan perbatasan, untuk memperoleh pelayanan administrasi kependudukan, serta menjalankan tata kelola pemerintahan yang baik dan bebas pungutan liar. Berkat inovasi berbasis digital Sipelanduk Kilat Smart inilah Gubernur Kalimantan Utara Zainal A Paliwang berhasil meraih penghargaan KDI 2022.

“Saya mewakili Gubernur Kalimantan Utara mengucapkan terima kasih kepada MNC Portal Indonesia yang telah memberikan apresiasi Kepala Daerah Inovatif  2022 ini. Kami meraih apresiasi dalam kategori di bidang pelayanan publik yaitu inovasi yang telah kami lakukan adalah program Sipelanduk Kilat Smar. Terima kasih juga kepada Kota Semarang sudah menjadi kota untuk ajang Kepala Daerah Inovatif ini,” ucap Kadis Disdukcapil Provinsi Kalimantan Utara Sanusi pada malam puncak Penghargaan KDI 2022 di Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/9/2022) malam.

Kadis Disdukcapil Provinsi Kalimantan Utara Sanusi foto bersama para kepala daerah beserta Komisaris Utama PT MNC Asia Holding dan Mendes PDTT. (Foto: MNC Portal Indonesia)
Kadis Disdukcapil Provinsi Kalimantan Utara Sanusi foto bersama para kepala daerah beserta Komisaris Utama PT MNC Asia Holding dan Mendes PDTT. (Foto: MNC Portal Indonesia)

Pelayanan Disdukcapil Bebas Pungli

Dengan adanya SiPelanduk Kilat Smart,, seluruh masyarakat di Provinsi Kaltara terutama di daerah perbatasan dan pedalaman bisa langsung berurusan dengan Disdukcapil. Masyarakat hanya cukup di rumah saja sudah bisa mendapatkan layanan kependudukan yang dibutuhkan.

Beberapa layanan di antaranya, Penjelajah SiPelanduk Kilat merupakan layanan yang diperuntukan warga rentan langsung di rumah yang bersangkutan. Lalu, ada SiPelanduk Kilat Terpadu yang merupakan layanan terpadu kerja sama dengan Pengadilan Agama serta Kemenag terkait sidang isbat, penerbitan buku nikah, dan dokumen lainnya.

Meskipun kondisi di wilayah Kaltara masih ada beberapa area blank spot, namun hal ini bukan merupakan hambatan. Pasalnya, pemberlakukan KTP Digital tidak langsung menghilangkan fungsi utama KTP Elektronik yang selama ini dimiliki warga secara fisik. 

Meskipun inovasi yang dilakukan sederhana, tetapi memiliki dampak yang besar kepada masyarakat luas. Seperti masyarakat semakin mudah dalam mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

Editor : Anindita Trinoviana

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda