Internal Memanas Jelang Kongres, Zulhas Minta Kader PAN Setop Saling Hujat

Felldy Utama ยท Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:07 WIB
Internal Memanas Jelang Kongres, Zulhas Minta Kader PAN Setop Saling Hujat

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memberikan sambutan pada Rakernas PAN di Jakarta, Sabtu (7/12/2019). (Foto: iNews.id/Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas meminta kepada seluruh kadernya untuk berhenti menghujat sejumlah nama yang kemungkinan akan maju dalam kongres PAN pada Maret 2020. Maju menjadi kandidat ketua umum merupakan hak setiap kader yang harus dihormati.

Zulhas mengaku mendengar kabar adanya hujatan kepada Mulfachri Harahap dan Asman Abnur, dua kader senior PAN yang berencana maju dalam kongres. Wakil ketua MPR ini pun mengingatkan agar hujatan seperti itu harus dihentikan sesegera mungkin.

"Pak Asman, Pak Mulfachri kan sahabat saya, kenapa dimarah-marahi? Semua punya karya di partai kita. Apa saudara tega menghujat mereka? Jangan. Kita keluarga besar semua, kita kompak," kata Zulhas saat memberikan sambutan di acara Rakernas PAN di Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

Zulhas mengungkapkan bahwa hujatan itu ironis jika dikaitkan dengan banyaknya sejumlah tokoh partai politik lain yang akhirnya memilih PAN sebagai pelabuhan baru untuk meniti karier politiknya. Semestinya internal partai justru sejuk, bukan memanas.

"Kita mati-matian mengajak orang masuk PAN, Sekjen Hanura (Syarifuddin Sudding) bisa kita rekrut, Haji Lulung bisa kita rekrut dari PPP, Rhoma Irama bisa direkrut. Kok kita sendiri masih gontok-gontokan," ujarnya.

Zulhas pun meminta sebagai tokoh senior PAN, sosok Amien Rais maupun Sutrisno Bachir mau mengajak seluruh kader partainya untuk menyambut Kongres dengan penuh keteduhan dan juga kesejukan.

Menurut dia, siapa pun yang menjadi ketua umum partai nanti, tetap harus didukung. Karena itu, para kader hendaknya menunjukkan sikap baik, bukan permusuhan.

Editor : Zen Teguh