Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan Sejarahnya

Assyifa Nurul Aini ยท Kamis, 11 Agustus 2022 - 12:39:00 WIB
Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan Sejarahnya
Teks Proklamasi Kemerdekaan

Sejarah Teks Proklamasi Kemerdekaan

Sebelum teks proklamasi kemerdekaan berhasil dibaca pada 17 Agustus, terjadi beberapa peristiwa penting. Pertama, kekalahan Jepang dalam Perang Asia Timur Raya akibat Kota Hiroshima dan Nagasaki dijatuhkan bom atom oleh Amerika Serikat sehingga Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945.

Lalu, peristiwa Rengasdengklok yang dilatarbelakangi perbedaan pendapat antara golongan muda dan golongan tua untuk melaksanakan waktu proklamasi. Menurut golongan muda, saat itu adalah waktu yang tepat untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Namun, usulan tersebut ditolak oleh Soekarno sehingga pada tanggal 16 Agustus 1945, golongan pemuda memutuskan untuk membawa Soekarno dan Mohammad Hatta ke Rengasdengklok. Tujuannya agar segera memproklamasikan kemerdekaan tanpa dipengaruhi oleh Jepang. 

Pada hari yang sama juga terjadi pertemuan antara golongan muda dan golongan tua di Jakarta. Golongan pemuda diwakili oleh Wikana, dan golongan tua diwakili oleh Mr Achmad Soebardjo. Mereka pun sepakat membawa kembali Soekarno dan Mohammad Hatta ke Jakarta untuk melaksanakan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan waktu paling lambat pukul 12.00 WIB.

Pada tanggal 16 Agustus 1945 tengah malam, rombongan Soekarno dan Mohammad Hatta tiba di Jakarta. Mereka menuju rumah Laksamana Tadashi Maeda untuk menyusun teks proklamasi kemerdekaan. Laksamana Maeda adalah perwira Jepang yang mendukung kemerdekaan Indonesia.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda