Izin FPI Terganjal Rekomendasi Kemenag, Begini Kata Tim Bantuan Hukum

Okezone ยท Selasa, 27 Agustus 2019 - 08:48 WIB
Izin FPI Terganjal Rekomendasi Kemenag, Begini Kata Tim Bantuan Hukum

Ilustrasi massa Front Pembela Islam (FPI). (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hingga saat ini masih membahas perpanjangan izin surat keterangan terdaftar (SKT) Front Pembela Islam (FPI) sebagai organisasi kemasyarakatan (ormas). Namun, pembahasan itu terganjal rekomendari Kementerian Agama (Kemenag) yang tak kunjung keluar.

Ketua Tim Bantuan Hukum Front Pembela Islam (FPI), Sugito Atmo Prawiro mengaku heran surat rekomendasi tersebut hingga saat ini belum juga keluar dari Kemenag.

"Sudah berkali-kali ke Kemenag, melalukan audiance, enggak tahu sampai sekarang enggak keluarin rekomendasi di Kemenag. Padahal itu adalah tinggal surat yang harus dipenuhi," tuturnya di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

BACA JUGA:

Mendagri: Izin SKT FPI Tak Ada Hubungan dengan Pemulangan Rizieq Shihab

Kemendagri: FPI Tetap Jadi Ormas Meski Tak Perpanjang SKT, tapi....

FPI Belum Lengkapi 5 Syarat Izin Ormas, Ini Detailnya dari Kemendagri

Keheranan tersebut, menurut Sugito, mengacu pada kebiasaan pihaknya selama ini. Dia mengatakan, jika FPI mengurus surat perpanjangan rekomendasi tak pernah dipersulit.

Namun saat ini, dia menambahkan, lebih susah dibandingkan sebelum-sebelumnya. "Ini ada apa mulai dari beberapa menteri berbicara hingga Presiden ikut menyampaikan hanya untuk ini. Ada apa?" ujarnya.

Sugito mengatakan, pihak tidak mempermasalahkan jika nantinya Kemenag tidak mengeluarkan rekomendasi ataupun izin perpanjangan SKT untuk FPI.

"Tapi kalau enggak dikeluarkan rekomendasi atau Kemendagri juga enggak keluarkan SKT enggak apa-apa. Kita sudah ikhtiar, kita sudah melakukan dengan baik, sudah ikuti aturan," katanya.


Editor : Djibril Muhammad