Jabat Danlanud Halim Perdanakusuma, Purwoko Aji Pernah Kalahkan Tentara 9 Negara

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 05:00 WIB
Jabat Danlanud Halim Perdanakusuma, Purwoko Aji Pernah Kalahkan Tentara 9 Negara

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menunjuk Marsma TNI Purwoko Aji Prabowo sebagai Danlanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. (Foto: Puspen TNI).

JAKARTA, iNews.id - Tongkat komando Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, berganti. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menunjuk Marsekal Pertama (Marsma) TNI Purwoko Aji Prabowo untuk menjabat sebagai danlanud.

Purwoko akan menggantikan Marsma TNI Tonny Harjono yang dimutasi sebagai staf khusus KSAU. Purwoko sebelumnya menjabat sebagai wakil asisten perencanaan umum (waasrenum) Panglima TNI.

Mutasi dan promosi jabatan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/447/V/2020 tanggal 26 Mei 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Secara keseluruhan terdapat 78 perwira tinggi yang berganti jabatan terdiri atas 17 Pati TNI AD, 19 Pati TNI AL dan 42 Pati TNI AU.

“Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” kata Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Taibur Rahman, dikutip dari laman resmi TNI, Selasa (2/6/2020).

Purwoko Aji Prabowo merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1992. Dia satu angkatan dengan peraih Adhi Makayasa Marsma TNI Ronny Irianto Moningka yang saat ini menjabat Danlanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau.

Petugas Polsek KPTE Semarang mengamankan sejumlah senjata tajam dari seorang pria. (Foto: iNews/Taufik Budi)
Purwoko Aji Prabowo (kanan) saat menjabat Danlanud Jayapura. (Foto: Puspen TNI).

Dalam rekam jejaknya, Purwoko pernah mengemban sejumlah jabatan, antara lain asisten personel kas Koopsau II saat berpangkat mayor penerbang. Kariernya semakin menanjak saat berpangkat kolonel.

Purwoko diberi kepercayaan untuk menjabat sebagai Danlanud Jayapura, Papua pada 2015. Awal September di tahun itu, dia dilantik untuk menggantikan Kolonel Pnb I Made Susila.

Bertugas di Lanud Halim Perdanakusuma bukan hal baru bagi Purwoko. Pada 16 April 2009, misalnya, dia dilantik sebagai Komandan Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma.

Jabatan tersebut merupakan kenaikan karier dari sebelumnya dia sebagai Kepala Seksi Base Operasi Dinas Operasi Lanud Halim Perdanakusuma.

Dalam riwayat pendidikan kemiliteran, Purwoko juga pernah menorehkan prestasi gemilang. Dia tercatat sebagai lulusan terbaik Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) Angkatan-43 pada 2006 di Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Purwoko diganjar Piagam Widyatama dan Sasratama oleh KSAU saat itu Marsekal TNI Herman Prayitno. Purwoko menjadi lulusan terbaik karena ketekunannya mengikuti pendidikan sekaligus menyandang Penulisan Kertas Karya Perorangan (Taskap) terbaik.

Pendidikan Seskoau A-43 diikuti 142 perwira menengah meliputi 129 Pamen TNI AU, 2 Pamen TNI AL, dan 2 Pamen TNI AD. Selain itu, terdapat pula pamen dari 9 negara sahabat yaitu Australia, India, Korea, Madagaskar, Malaysia, Pakistan, Singapura, Tanzania dan Thailand. Selama 11 bulan digembleng dalam Seskoau, Purwoko menjadi lulusan paling unggul.

Seskoau menggodok calon pemimpin TNI AU dan TNI pada umumnya dengan proses pendidikan yang padat serta kegiatan akademik sebagai ajang pengembangan kualitas sumber daya manusia.

AU menegaskan, SDM merupakan faktor dominan dalam menentukan keberhasilan pembangunan suatu bangsa dalam menghadapi era globalisasi saat ini.

Editor : Zen Teguh