Jadi Calon Kapolri, Listyo Sigit Ikuti Jejak BHD, Sutarman dan Idham Azis

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 14 Januari 2021 - 05:15:00 WIB
Jadi Calon Kapolri, Listyo Sigit Ikuti Jejak BHD, Sutarman dan Idham Azis
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo dipilih Jokowi sebagai Calon Kapolri. (Foto Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dipilih Presiden Joko Widodo sebagai calon kapolri untuk mengantikan Jenderal Pol Idham Azis. Nama Sigit telah diserahkan kepada DPR untuk diuji kelayakan dan kepatutan.

Penunjukan Sigit tertera dalam surat presiden (supres) yang diserahkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Ketua DPR Puan Maharani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2021). Menindaklanjuti surat tersebut, DPR akan melaksanakan mekanisme internal.

Puan menuturkan, mekanisme internal DPR mencakup rapat pimpinan, rapat badan musyawarah, pemberitahuan tentang masuknya Surat Presiden tentang Pencalonan Kapolri serta penugasan Komisi terkait, yaitu Komisi III untuk melakukan fit and proper test. 

Kapolri periode 2008-2010 Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri. (Foto: Okezone).
Kapolri periode 2008-2010 Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri. (Foto: Okezone).

“Hasil fit and proper test di Komisi III akan kembali dibawa dalam Rapat Paripurna untuk mendapatkan persetujuan Dewan,” kata Puan.

Berdasarkan pengalaman selama ini, calon yang diusulkan Presiden akan mulus terpilih sebagai kapolri. Dengan kata lain, Sigit hanya tinggal tunggu waktu untuk disahkan dan dilantik sebagai kapolri.

Mengacu pada sejarah Polri, kapolri pertama dilantik Presiden Soekarno pada 29 September 1945. Sosok tersebut yakni Komjen Pol Raden Said Soekanto Tjokroadiatmodjo.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: