Jakarta Tuan Rumah Balap Mobil Formula E 2020, Ini Dua Opsi Jalur Versi Dishub

Wildan Catra Mulia ยท Senin, 15 Juli 2019 - 20:32 WIB
Jakarta Tuan Rumah Balap Mobil Formula E 2020, Ini Dua Opsi Jalur Versi Dishub

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Facebook)

JAKARTA, iNews.id - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memberikan dua usulan terkait alternatif jalan raya untuk digunakan dalam ajang mobil balap Formula E. Rencananya, Ibu Kota menjadi tuan rumah Formula E pada pertengahan 2020.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan, usulan pertama menjadikan kawasan Silang Monas tepatnya di belakang Stasiun Gambir menjadi area pit stop. Lokasi start balap berada di kawasan Monas dan berjalan menuju Ridwan Rais - Tugu Tani.

"Berputar di Tugu Tani, kembali masuk ke Ridwan Rais, kemudian belok kiri di Medan Merdeka Selatan," katanya saat dikonfirmasi Senin (15/7/2019).

BACA JUGA: Anies: Jakarta Tuan Rumah Balap Mobil Formula E 2020

Dari Jalan Medan Merdeka Selatan, Syafrin menuturkan, lintasan nantinya akan berputar di Wisma Antara menuju Kedubes AS, kemudian kembali ke Jalan Merdeka Timur dan Ridwan Rais.

Untuk opsi kedua, dia menambahkan, rutenya masih tetap sama, namun yang membedakan tempat pit stop-nya. "Opsi kedua, di silang Monas itu, di silang Monas Selatan pit stop-nya," ucapnya.

Namun, Syafrin mengungkapkan, rute balap ini belum disepakati pihak penyelengara dan Pemprov DKI. Walaupun jalur tersebut sudah disurvei namun usulan rute ini mesti didiskusikan terlebih dahulu tim Formula E.

Bila pihak penyelenggara menyetujui usulan rute tersebut, Dishub DKI bakal melakukan pembenahan di beberapa ruas jalan. Terutama jalan-jalan yang bergelombang.

"Nah, itu nanti akan kita lakukan persiapan sehingga sarana prasarana sesuai dengan standar penyelenggara. Kami masih menunggu (anggaran) karena memang dari penyelenggara belum konfirmasi dengan rute yang fix digunakan," tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan melalui akun instagramnya @aniesbaswedan mengumumkan Ibu Kota bakal menjadi tuan rumah balap Mobil Formula E pada pertengahan 2020 nanti.

Anies Baswedan mengatakan, pada Sabtu, 13 Juli 2019 dirinya melakukan negosiasi langsung dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo dua tetua Formula E. Negosiasi berhasil dan Jakarta dinyatakan layak jadi tuan rumah dari hajatan ini.

Ajang balap Mobil Formula E merupakan balap mobil ramah lingkungan karena kendaraan yang digunakan adalah kendaraan listrik yang bebas emisi.

"Alhamdulillah, atas izin Allah SWT, sebuah perjuangan panjang dari seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta dan tim telah membuahkan hasil. Bersyukur rasanya bahwa ada banyak kota besar dunia berusaha, tapi Jakarta lah yang dipilih mendapatkan kesempatan," kata Anies.


Editor : Djibril Muhammad