Jaksa Hadirkan Ajudan Prabowo Jadi Saksi di Sidang Ratna Sarumpaet

Okezone ยท Selasa, 09 April 2019 - 07:41 WIB
Jaksa Hadirkan Ajudan Prabowo Jadi Saksi di Sidang Ratna Sarumpaet

Ratna Sarumpaet, terdakwa kasus penyebaran berita bohong alias hoaks di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf)

JAKARTA, iNews.id - Jaksa penuntut umum (JPU) kasus penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet bakal menghadirkan empat saksi. Sidang lanjutan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan itu, salah satunya akan menghadirkan ajudan Prabowo Subianto.

"Insya Allah 4 orang, Di antaranya yang kirim foto, yang ikut demo dan mungkin ajudan Prabowo," kata Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Supardi saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (9/4/2019).

BACA JUGA:

Peluk Amien Rais di Depan Hakim, Ratna: Saya Minta Maaf

Konferensi Pers Prabowo soal Ratna Sarumpaet Usulan Amien Rais

Sanggah Kesaksian Sopir, Ratna: Saya Keberatan Menghadiri Jumpa Pers

Dia mengatakan, sidang dijadwalkan akan dimulai pada pukul 08.30 WIB. Agenda sidang masih mendengarkan saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Adapun kasus hoaks Ratna Sarumpaet sendiri bermula dari foto lebam wajahnya yang beredar luas di media sosial. Sejumlah tokoh mengatakan Ratna dipukuli orang tidak dikenal di Kota Bandung, Jawa Barat.

Tiba-tiba Ratna mengklarifikasi kalau berita penganiayaan terhadap dirinya itu bohong. Ratna mengaku mukanya lebam setelah menjalani operasi plastik. Akibatnya, hampir seluruh masyarakat tertipu olehnya.

Dalam perkara ini Ratna Sarumpaet didakwa melanggar Pasal 14 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana atau dakwaan kedua Pasal 28 Ayat (2) juncto 45A Ayat (2) UU 19/2016 tentang Perubahan atas UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Ratna didakwa telah membuat keonaran melalui berita bohong yang dibuatnya.


Editor : Djibril Muhammad