Jenderal Andika Geram Oknum Prajurit TNI Tendang Suporter di Kanjuruhan: Sangat Enggak Bagus

Raka Dwi Novianto ยท Rabu, 05 Oktober 2022 - 12:58:00 WIB
Jenderal Andika Geram Oknum Prajurit TNI Tendang Suporter di Kanjuruhan: Sangat Enggak Bagus
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa geram dengan tindakan oknum prajurit yang menendang suporter Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa geram dengan tindakan oknum prajurit yang menendang suporter Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang. Kejadian yang berlangsung usai laga Arema FC versus Persebaya Surabaya itu terekam kamera dan viral di media sosial.

Andika menegaskan suporter yang ditendang itu dalam posisi tidak menyerang aparat.

"Kalau seperti yang di video, beberapa oknum menyerang masyarakat atau individu yang tidak menyerang mereka. Bahkan juga membelakangi. Jadi ya sangat-sangat enggak bagus," kata Andika di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Andika menjelaskan anggota TNI dalam pengamanan pertandingan sepak bola hanya ikut membantu untuk menjaga sesuai prosedur. Prajurit TNI yang diperbantukan biasanya diarahkan oleh pimpinan Polri yang berjaga pada pertandingan tersebut.

"Protapnya kita sebagai lapisan ketiga. Di polisi itu kan ada SOP, jadi misal terjadi emergency, respons awal itu siapa? Apakah Sabhara, yang terakhir itu seingat saya Brimob, yang ketiga. Nah kita itu keempat, biasanya begitu. Tapi itu yang menggerakkan adalah pimpinan Polri di situ ya," kata Andika.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda