Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Bukan Hanya Tutupi Kelaparan di Gaza, Israel Juga Bikin Iklan Serang Pejabat PBB
Advertisement . Scroll to see content

Jenis-jenis Iklan Berdasarkan Isi, Media, dan Tujuannya

Jumat, 16 Juni 2023 - 07:56:00 WIB
Jenis-jenis Iklan Berdasarkan Isi, Media, dan Tujuannya
Jenis-jenis iklan (Foto: Istimewa)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Jenis-jenis iklan berdasarkan isi, media, dan tujuannya. Iklan adalah sebuah media yang digunakan untuk menawarkan serta mempromosikan barang atau jasa. 

Biasanya iklan dapat kita jumpai dalam media cetak, seperti koran dan majalah, serta media elektronik, seperti radio dan televisi.

Sementara itu, iklan adalah bentuk pesan strategi promosi bisnis sebuah produk ataupun jasa yang menggunakan media tertentu bergantung dengan target pasar ataupun niche marketnya. 

Biasanya iklan dibuat supaya audiens tertarik dan mendorong mereka untuk membeli produk ataupun jasa yang Anda sediakan. Adapun faktor keberhasilan iklan suatu produk bergantung pada metode ataupun jenis yang digunakan. 

Oleh karena itu, sebelum Anda mengiklankan produk, maka Anda harus mengetahui dulu jenis-jenisnya.

Tujuan Iklan

Berikut ini adalah beberapa tujuan iklan yang perlu dipahami, antara lain:

1. Memberikan informasi

Periklanan dimaksudkan untuk menginformasikan pasar tentang produk baru dan perubahan harga, menjelaskan penggunaan atau manfaat produk baru, menjelaskan cara kerjanya, dan juga untuk membangun wajah perusahaan.

2. Persuasi

Iklan dapat membentuk preferensi merek, mengubah persepsi konsumen terhadap atribut produk, dapat membujuk konsumen untuk mencoba produk atau layanan yang diiklankan, dan memotivasi konsumen untuk membelinya sekarang juga.

3. Pengingat

Tujuan dari periklanan selanjutnya adalah untuk menjaga agar merek perusahaan tetap segar di benak konsumen dan meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada sebelumnya.

4. Nilai tambah

Periklanan membawa nilai tambah berupa inovasi, meningkatkan kualitas produk atau jasa, dan juga mengubah persepsi konsumen. Iklan yang efektif dapat mengubah persepsi konsumen.

5. Pendampingan

Tujuan iklan adalah sebagai pendamping untuk memfasilitasi upaya bisnis lainnya dalam proses komunikasi pemasaran. Akibatnya, perusahaan dapat mencapai tujuan yang diinginkan lebih cepat. 


Jenis-jenis Iklan

1. Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Berikut ini adalah beberapa jenis iklan yang dibedakan berdasarkan isi di dalamnya, seperti:

a. Iklan Penawaran

Iklan jenis ini bertujuan untuk menyediakan barang atau jasa kepada masyarakat agar tertarik untuk membeli dan menggunakannya. Misalnya sepatu, tas, pakaian, dll. Sedangkan untuk layanan jasa seperti ojek online, layanan terjemahan, layanan konsultasi, dll.

b. Iklan Layanan Masyarakat

Jenis iklan ini biasanya berasal dari organisasi, agensi, atau komunitas. Bila iklan ini dimaksudkan untuk mengedukasi masyarakat tentang suatu hal, seperti iklan tentang bahaya narkoba, iklan tentang pajak, dll.

c. Pengumuman

Iklan sering kali memiliki konten yang menarik bagi audiens dan seringkali bersifat mengundang. Misalnya, iklan acara, iklan kompetitif, dan banyak lagi. 

d. Permintaan

Iklan ini biasanya dibuat atas permintaan individu, instansi, dan organisasi yang ingin informasinya dipublikasikan dan diketahui orang sebanyak-banyaknya. Misalnya seperti tawaran pekerjaan, dan sebagainya.

2. Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Berikut ini adalah beberapa jenis iklan yang dibedakan berdasarkan media yang dipakai untuk menayangkannya.

a. Iklan Elektronik

Iklan elektronik adalah jenis iklan yang disampaikan melalui sarana elektronik, misalnya iklan radio berbasis audio dan iklan televisi berbasis video dan audio. 

b. Media Cetak

Media cetak adalah jenis iklan yang dicetak dan kemudian didistribusikan kepada masyarakat. Iklan ini dapat berupa surat kabar, majalah, pamflet, brosur, dll. 

3. Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan

Di bawah ini ada beberapa jenis iklan berdasarkan tujuan penayangannya, diantaranya:

a. Iklan Komersial

Iklan komersial adalah jenis iklan yang diciptakan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi yang besar atau peluang untuk mendapatkan keuntungan. 

b. Iklan Non Komersial

Iklan non komersial ini dimaksudkan untuk memberikan informasi tentang sesuatu yang perlu dilakukan dan juga mengandung persuasi atau ajakan serta pendidikan dan pelajaran bagi masyarakat. 

Pada tujuan utama periklanan non komersial, tidak hanya bermanfaat bagi satu pihak tetapi juga kebaikan bersama atau kemaslahatan sosial bagi semua. Ini agar kita bisa memperbaiki sesuatu yang akan berdampak besar di masa depan.  

Demikianlah penjelasan tentang pengertian iklan beserta jenis-jenisnya berdasarkan isi, media, dan tujuannya.

Editor: Komaruddin Bagja

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut