Jika Dipilih Lagi, Jokowi Akan Gelontorkan Dana Desa Rp400 Triliun

Felldy Utama ยท Senin, 25 Februari 2019 - 11:17 WIB
Jika Dipilih Lagi, Jokowi Akan Gelontorkan Dana Desa Rp400 Triliun

Calon Presiden (Capres) Joko Widodo berpidato di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2/2019). (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (25/2/2019) malam. Pada kesempatan itu dia berjanji akan menggelontorkan bantuan dana desa sebesar Rp400 triliun jika terpilih kembali menjadi presiden.

Dia mengungkapkan, sejak 2015 sudah menggelontorkan dana sebesar Rp187 triliun. Selain itu, jalan dan jembatan desa sudah tebangun, air bersih dan sanitasi telah meningkat dan ekonomi desa berkembang.
"Dalam lima tahun ke depan kita perkirakan dana desa akan mencapai Rp400 triliun," ujar Jokowi di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2/2019).

Menurutnya, lebih dari setengah penduduk Indonesia bermukim di desa. Kehidupan warga desa lebih miskin dibandingkan masyarakat yang hidup di kota.

BACA JUGA:

Jokowi Siang Ini Berikan Bantuan Sosial kepada Warga Kabupaten Cilacap

Tiga Kartu Baru Andalan Jokowi Jika Terpilih Kembali Jadi Presiden

Dia berharap pemanfaatan dana desa bisa digunakan lebih baik untuk menekan angka kemiskinan. "Dengan pemanfaatan yang semakin baik, inilah salah satu alasan kita harus optimis semakin sejahtera," ucapnya.

Selain itu dia berjanji akan membangun banyak waduk dan bendungan untuk mengairi lahan pertanian para petani. Dia juga mendorong para petani membentuk korporasi agar semakin baik dalam bercocok tanam serta menjual hasil pertaniannya.

"Ke depan kita ingin menggunakan teknologi untuk kesejahteraan petani. Kita ingin mendekatkan petani dengan pasar dan industri hilir," katanya.


Editor : Kurnia Illahi